1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Jadi, Pisang untuk Menambah atau Menurunkan Berat Badan?

Ahli diet menyarankan agar tidak mengonsumsi lebih dari lima atau enam buah pisang sehari karena...

By Rizki Astuti 11 Juli 2016 07:10
Buah Pisang (Youtube.com)

Money.id - Sebagian orang percaya, pisang dapat menaikkan berat badan, lainnya  menjadikan buah itu untuk diet. Hal ini memang banyak membuat orang ragu.

Terlepas dari kontradiksi tersebut, pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah pisang mengandung 108 kalori atau setara dengan hampir 18 gram karbohidrat yang melancarkan fungsi organ-organ tubuh. 

Namun, kelebihan karbohidrat dapat menyebabkan kegemukan. Pisang juga kaya vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dasar yaitu, Basal Metabolic Rate (BMR) atau kebutuhan kalori minimun. 

Setiap BMR meningkat, berat tubuh cenderung menurun secara otomatis dan biasanya lebih cepat dari waktu normal yang dibutuhkan. Buah pisang juga mengandung zat pektin yang membantu Anda merasa lebih kenyang, dalam jangka waktu lama.

Selain itu pisang memiliki indeks glikemik rendah yang dapat mengurangi berat badan. Pisang juga menyediakan vitamin B6 dalam jumlah yang cukup, untuk membantu menjaga tubuh sehat, bahkan setelah olah raga teratur.

Melansir dalam laman Stylecraze, Senin 11 Juli 2016, penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B6 dan asam folat dapat menyebabkan beberapa penyakit yang berhubungan dengan jantung. Jadi, makan pisang secara teratur membantu mencegah penyakit jantung dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Manfaat Pisang
Jenis pisang di Indonesia yang bisa menurunkan berat badan adalah pisang raja. Nah, cara terbaik menggabungkan pisang dalam diet sehari-hari, dengan menambahkannya ke smoothie atau milkshake. Pisang kaya akan vitamin B6, dan membantu pengaturan sirkulasi darah dalam tubuh.

Hal ini menyebabkan produksi sel darah merah meningkat dalam tubuh. Pisang juga kaya mangan yang membantu pencernaan, mengatur gerakan usus, dan mencegah penyakit tulang. Kebanyakan ahli gizi menyarankan jika ingin menambah berat badan dengan bantuan pisang, Anda perlu makan banyak-banyak.

Alasannya, ketika Anda makan pisang, gula alami atau karbohidrat langsung dipecah menjadi glukosa yang digunakan, untuk menyediakan energi saat beraktivitas fisik. Glukosa ekstra disimpan sebagai glikogen dalam hati dan otot. Kelebihan glukosa ini akan digunakan bila diperlukan.

Ketika jumlah glikogen yang disimpan melebihi batas penyimpanan, maka akan disimpan sebagai lemak.

Namun, ahli diet menyarankan agar tidak mengonsumsi lebih dari lima atau enam buah pisang sehari karena ini dapat menyebabkan sembelit dan juga dapat memperlambat gerakan usus. (els)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section