1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

Inilah 6 Tempat Liburan Menantang di Tahun 2016

"Petualangan akan melepaskan dopamin, hormon yang membuat Anda lebih menghargai pengalaman - dan itu terutama berlaku ketika Anda berwisata,"

By Dian Rosalina 5 Maret 2016 19:00
(Juneau, Alaska/tripadvisor)

Money.id - Kenangan dan pengalaman saat berwisata sambil berpetualang sebenarnya tidak tersimpan dalam jepretan atau rekaman kamera saja. Tetapi semuanya akan terekam dalam hati dan pikiran. Itulah yang membuat para petualang ingin mengulang kegiatan perjalanan mereka.

"Petualangan akan melepaskan dopamin, hormon yang membuat Anda lebih menghargai pengalaman - dan itu terutama berlaku ketika Anda berwisata," kata Art Markman, Ph.D., seorang profesor psikologi di University of Texas dan penulis Smart Thingking, yang dilansir dari Menhealth, Sabtu 5 Maret 2016.

Para peneliti di University College London telah membuktikan ini. Mereka memberi subyek penelitian Levodopa, obat yang merangsang produksi dopamin di otak, dan meminta mereka untuk melihat serangkaian foto biasa-biasa saja.

Enam jam kemudian, mereka yang sudah diberi obat mampu mengingat 20 persen lebih banyak gambar daripada mereka yang tidak.

Tentu saja dopamin alami mungkin akan lebih melekat pada otak jika Anda mendapatkan pengalaman seru dan menegangkan selama melakukan wisata petualangan seperti bersepeda gunung, bermain ski, memanjang tebing dan sebagainya.

Dan berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang menawarkan pengalaman petualangan yang wajib dikunjungi dan membuat Anda sulit melupakannya tahun 2016 ini.

1. Bend, Oregon

Di sini, Anda ditantang untuk bersepeda melintasi jalur penuh kerikil dan lumpur. Tidak ada kota yang benar-benar menyediakan lintasan bersepeda off-road seperti Bend.

(Oregon Mountain, Bend Oregon/www.bluewolfmotel.com)

"Anda dapat mengakses jalur bersepeda sejauh 3 mil di luar kota," kata Ryan Trebon, anggota tim Cannondale/CyclocrossWorld.com. "Saya tidak berbicara tentang bersepeda sejauh 8 mil - tetapi ratusan mil jalan tepat di pinggir kota."

Dan tidak seperti hot spot bersepeda gunung lainnya, sebagian besar jalan ini cocok untuk orang-orang yang masih waras memikirkan keselamatan mereka. "Jalan ini dipelihara dengan baik, mudah dinavigasi, dan lebih mudah dilintasi," kata Trebon. "Anda bisa naik bersepeda di sepanjang jalan," katanya.

2. Juneau, Alaska

Jika Anda suka hiking dan ingin mencari suasana baru, di sinilah tempatnya. Juneau adalah pegunungan berbatu tertutup es yang sangat indah dan menantang Anda menaklukkan bekunya udara Alaska. Ketika menuju Mendenhall Glacier, jangan ikut rombongan turis lainnya yang menggunakan bus.

(Juneau, Alaska/tripadvisor)

Cobalah untuk hiking yang jaraknya empat mil melalui hutan hujan terbesar yang memiliki iklim khas Kutub Utara. Anda kemudian bisa melanjutkan berjalan melalui pegunungan batuan tandus sebelum sampai di gletser tujuan. Berkunjunglah ke kota Juneau selama minggu pertama bulan April agar bisa menyaksikan Alaska State Folk Festival.

3. Asheville, North Carolina

Asheville menawarkan tantangan melakukan kayak menelusuri Green River yang membelah wilayah Asheville. "Air sungai di sini selalu penuh hampir sepanjang waktu," kata Pat Keller, seorang kayaker profesional lokal.

Saat akan berkayak, Green River menyediakan olahraga kayak sesuai dengan tingkat keahlian Anda. Salah satu hal unik di Asheville adalah bar terapung yang berada French Broad River. Sayangnya, bar ini hanya menyediakan minuman, bukan makanan.

(Asheville, North Carolina/www.canoekayak.com)

4. Sedona, Arizona

Ingin tahu bagaimana pemandangan Planet Mars? Anda bisa datang ke Sedona ini. Meski tidak terlalu mirip, namun Sedona menawarkan hamparan bukit dan bebatuan merah yang menjulang di sana sini. Selain itu, sejak tahun 640 Masehi, orang-orang dari seluruh dunia tertarik ke Sedona karena dipercaya menjadi pusat pusaran energi yang membentang luas di antara bebatuan warna merahnya.

(Sedona, Arizona/wikipedia)

Di Sedona, Anda bisa menghabiskan waktu menjelajahi jalur sejauh 200 mil. 80 di antaranya berada dekat kota dengan radius 10 mil; sementara puluhan rute baru dijadwalkan akan dibuka akhir tahun ini. Dengan pemandangan langit biru yang cerah dan sungai jernih berkelok, Sedona menawarkan surga bagi para trekker dan hiker.

5. Jackson, Wyoming

Jackson menawarkan pengalaman bermain ski dan alam liar dunia koboi Wild West dalam satu paket wisata. Bulan Desember 2015, Jackson Hole Mountain Resort membuka area ski baru di Sheridan Ridge dengan luas 200 ekar yang sebelumnya hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Meski atraksi utamanya ski, setengah dari resor ini dipenuhi pepohonan hijau dan langit biru, termasuk 12 jalur baru yang dirancang untuk pemain ski pemula.

(Ski di Jackson, Wyoming/www.wyominginn.com)

Tunggu sampai salju mencair pada bulan Mei dan berkemah di sepanjang jalan sejauh 200 mil di dekat Grand Teton National Park. Untuk apa? Melihat bintang!. Ya, Anda dapat melihat ribuan bintang dari Jackson Hole. Wilayah ini sangat gelap hingga Anda dapat melihat Andromeda Galaxy yang jaraknya 2,5 juta tahun cahaya tanpa menggunakan teleskop.

6. St. Augustine, Florida

Mungkin Anda bisa bermain selancar di Bali atau Lombok. Namun St. Augustine menawarkan gelombang yang ramah terhadap pemula namun menantang bagi peselancar profesional. Uniknya, Anda tak perlu khawatir terjatuh saat berselancar karena dasar lautnya hanyalah hamparan pasir, bukan batuan karang yang tajam.

(St. Augustine, Florida/surfstationsurfschool.com)


Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section