1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Tips Nikmati Liburan Keluarga Saat Libur Lebaran

Namun sayangnya, liburan yang bertepatan dengan lebaran memiliki banyak kendala termasuk harga tiket dan kamar penginapan yang mahal.

By Dian Rosalina 8 Juli 2016 13:11
Liburan Keluarga (huffingtonpost.com)

Money.id - Libur lebaran atau biasa disebut libur high season adalah waktu dimana tempat-tempat wisata sangat ramai dikunjungi. Sebab waktu tersebut semua orang, mulai dari anak sekolah sampai pekerja kantoran memilih kesempatan untuk berlibur bersama.

Namun sayangnya, liburan yang bertepatan dengan lebaran memiliki banyak kendala termasuk harga tiket dan kamar penginapan yang mahal. Belum lagi Anda harus bersaing dengan pengunjung lain untuk mendapatkannya.

Nah agar tidak kecewa dengan liburan lebaran Anda, berikut ini tips menikmati liburan Anda secara maksimal yang dikutip dari Pegipegi, Jumat 8 Juli 2016.

Jangan Pernah Pergi Tanpa Persiapan

Liburan tanpa persiapan tentu saja sangat mengasyikan jika Ada berlibur pada saat low season. Tapi cara liburan yang tanpa persiapan di liburan lebaran akan menimbulkan bencana nantinya. Jadi selalu lakukan persiapan dimana Anda akan menginap dengan melakukan reservasi kamar dan memesan tiket sebelum waktu liburan Anda.

Tentukan Bugdet dan Berkomitmen

Ketika sampai di hari H, biasanya rencana yang telah dibuat sedemikian rupa, malah tidak ditepati dengan menghambur-hamburkan uang Anda. Kalau tidak ingin 'jatuh miskin' saat liburan, catat semua pengeluaran yang akan Anda keluarkan, dan tetap patuhi catatan yang telah Anda buat.

Melihat Promo Taman Hiburan atau Tempat Wisata

Beberapa tempat wisata ada yang menawarkan promo liburan untuk para pengunjung yang datang saat musim liburan. Pilihlan tempat wisata yang memiliki tiket masuk murah dan memiliki promo-promo yang bisa membuat Anda lebih hemat saat berlibur.

Tentukan Kemana Anda akan Pergi

Menentukan peta perjalanan sebelum pergi berlibur pada musim libur lebaran sangat penting. Dengan rangkaian perjalanan yang jelas, Anda akan terhidar dari kebingungan saat liburan. Jangan sampai Anda terjebak di tempat wisata yang banyak orang kunjungi dan akhirnya malah membuat Anda sekeluarga tidak jadi berlibur.

Cari Alternatif

Rajin-rajin mencari alternatif obyek wisata yang tidak terlalu ramai. Obyek wisata yang tergolong 'aman' ketika musim liburan biasanya kurang populer atau belum populer.

Jangan khawatir Anda tidak menemukan tempat yang menyenangkan, sebab Indonesia memiliki keindahan obyek wisata yang tiada habisnya.

Turunkan Standar

Libur lebaran biasanya apapun mulai mahal, dari makanan sampai tempat wisata. Untuk memastikan keuangan Anda baik-baik saja, turunkan standar liburan Anda.

Misalnya bila keluarga Anda menginap di resort dengan kolam renang pribadi, hotel bagus di tengah kota, mungkin bisa berganti dengan homestay murah. Makanan mewah bisa digantik dengan makanan kaki lima yang lebih murah dan tetap enak.

Cari Celah Menekan Biaya

Selalu ada celah ketika Anda ingin berlibur, bila Anda berpergian di libur lebaran ini, pertimbangan kemungkinan untuk menginap di rumah sanak saudara di kota tujuan Anda. Itu lebih hemat ketimbang Anda harus menyewa kamar hotel bukan?

Cara lainnya, sebelum berangkat, cari mengenai info diskon dan promo yang ada di kota tujuan wisata Anda. Misalnya voucher makanan untuk menikmati sajian kuliner setengah harga, paket tur murah, atau akomodasi murah. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section