1. HOME
  2. FRESH
TIPS KERJA

Alasan Mengapa Anda Belum Naik Jabatan

Sudah memiliki pengalaman cukup dan kemampuan yang memadai tapi belum dipromosikan? Mungkin karena...

By Dian Rosalina 4 Juni 2016 12:02
Ilustrasi Promosi Kerja (thesun.co.uk)

Money.id - Anda sudah cukup lama bekerja di perusahaan saat ini, pengalaman mumpuni, namun belum dipromosikan naik jabatan? Hal ini banyak terjadi pada watita dan sejumlah pertanyaan kerap muncul dibenak Anda. 

Dikutip dari Huffingtonpost, Sabtu 4 Juni 2016, ada beberapa alasan yang mungkin dapat menjadi pencerahan Anda. Baca dan silahkan kroscek ya!

Tak Bertanya
Kebanyakan wanita karier tahu bahwa mereka harus meminta promosi kerja karena memiliki kemampuan dan pengalaman lebih. Mereka tak berani menanyakan promosi tersebut karena takut ditolak oleh perusahaan.

Menurut analisis dari Harvard Business Review, satu dari lima wanita mengungkapkan alasan lain karena tidak ingin ditempatkan dibagian yang bukan keahliannya. Bila Anda menghadapi masalah tersebut, lakukan persiapan dengan berlatih bersama teman Anda agar lebih percaya diri meminta promosi kerja kepada atasan.

Tak Komunikasi Langsung
Apakah atasan Anda adalah tipe orang yang lebih suka berhubungan lewat pesan teks, atau email? Hal tersebut tentu saja cukup menyulitkan Anda bukan untuk membangun hubungan secara personal.

Agar lebih mudah berkomunikasi dengannya, cobalah untuk menggunakan aplikasi komunikasi lainnya, seperti skype atau video call untuk berbicara langsung, mengenai masa depan karier Anda kedepannya. Hal tersebut lebih baik daripada mengungkapkannya lewat tulisan.

Salah Pilih Teman
Hasil survei dari Linkedln, hampir 20 persen dari profesional mengatakan bahwa hubungan dengan rekan kerja yang bersemangat membuat mereka lebih berkompetitif dalam berkarier.

Wakil Presiden dan Career Development Specialist dari Keystone Associate Penny Locey mengatakan, semakin tinggi pangkat Anda, salah satu keunggulan yang dicari adalah kemampuan bekerja sama, dan menjaga hubungan dengan orang-orang yang berbeda.

Tak Memenuhi Syarat
Mungkin salah satu alasan tak mendapat promosi pekerjaan karena tidak memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan. Kemampuan seperti komunikasi, kerjasama, dan presentasi adalah hal dasar yang harus dimiliki untuk mendapatkan promosi kerja.

Tiga dari empat pemberi kerja yang disurvei oleh Career Builder mengatakan bahwa keterampilan itu sama pentingnya dengan 'hard skill'.

Kritikan Personal
Atasan memberi kritik keras? Jangan marah dulu. Kritikan merupakan petunjuk memperbaiki diri Anda lebih baik lagi, untuk menuju karier yang lebih tinggi. Pakar karier Vicky Salemi menyarankan Anda menulis segala sesuatu yang dikatakan atasan, hingga emosi Anda reda.

Ada di Perusahaan yang Salah
Pendiri firma konsultan karier Works, Nicole Williams mengusulkan agar tidak berhenti melamar ke tempat lain yang lebih baik, walau Anda masih bekerja. Dengan melakukan wawancara, Anda bisa mengetahui kesempatan seperti apa yang dapat diraih dari perusahaan lain. (els)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section