1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Turunkan Berat Badan Tanpa Ribet!

Anda mungkin memiliki rencana untuk menurunkan berat badan, namun seringkali cara yang digunakan tidak benar dan malah menghabiskan uang Anda..

By Dian Rosalina 22 November 2015 12:02
Ilustrasi Diet Alami (tipsimprovelife.com)

Money.id - Pada umumnya, orang yang ingin menurunkan berat badan cenderung mengikuti program-program diet secara ketat. Tapi tidak semuanya metode tersebut berhasil. Bukannya menurunkan, berat badan Anda malah makin naik.

Anda mungkin memiliki rencana untuk menurunkan berat badan, namun sering kali cara yang digunakan tidak benar dan menghabiskan uang Anda tiap bulannya. Alih-alih ingin angka timbangan menurun, itu justu membuat Anda menderita karena selalu merasa lapar. Ada beberapa trik yang mudah Anda ikuti sekaligus efektif.

Dikutip dari Boldsky, Minggu 22 November 2015, perubahan gaya hidup dan faktor usia memainkan peranan penting dalam penurunan berat badan. Tips di bawah ini mungkin bisa menjadi acuan bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa harus melakukan program diet ketat:

Banyak minum
Semua orang tahu bahwa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda harus minum delapan gelas per harinya. Tapi tahukah Anda, air juga bisa menurunkan berat badan bila Anda benar-benar mengikuti prosedur tersebut. Air tidak memiliki kalori di dalamnya sehingga metode meminum air ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menurunkan berat badan sekaligus membuat kulit tetap sehat.

Hindari soda
Soda merupakan minuman yang mengandung banyak gula, selain memiliki tingkat kafein dan kalori yang tinggi. Mengonsumsi minuman bersoda atau berenergi akan semakin meningkatkan ukuran pinggang Anda, lho.

Daripada menghabiskan uang untuk membeli minuman yang bisa membuat celana favorit tidak bisa digunakan, lebih baik Anda membeli buah untuk di jus. Tentu saja itu lebih baik, selain bisa menurunkan berat badan, menyehatkan pula.

Naik-turun tangga
Bila rumah Anda bertingkat, bersyukurlah. Karena tanpa disadari setiap kali naik turun tangga, kalori Anda berangsur-angsur berkurang. Kegiatan tersebut lebih menghemat uang Anda bukan? Daripada harus membayar mahal untuk sebuah kegiatan gym yang belum tentu maksimal hasilnya. Naik-turun tangga bisa membakar lemak di paha Anda hingga menurunkan berat badan.

Berhenti makan saat kenyang

Umumnya orang cenderung makan banyak ketika mereka melihat makan-makananan enak. Anda perlu mengikuti aturan yang sudah ada, 'makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang'. Kelebihan asupan makanan hanya akan menambah kalori dan masalah kesehatan lain yang terkait dengan berat badan.

Menonton televisi secukupnya
Menonton televisi boleh-boleh saja selagi itu memberikan Anda edukasi dan informasi. Namun sebuah studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang menonton televisi lebih dari dua jam cenderung bisa menaikan berat badan mereka ketimbang yang tidak.

Jika Anda kecanduan televisi, Anda bisa mengimbanginya dengan melakukan kegiatan lain seperti menyetrika pakaian, berjalan di treadmill, atau aktivitas fisik lainnya. Itu lebih baik daripada memakan snack kentang seharian di sofa.

Hindari stres
Stres adalah pemicu utama kenaikan berat badan. Stres menganggu perubahan hormon dalam tubuh Anda. Itu membuat seseorang cenderung makan lebih banyak ketika stres. Apalagi tingkat stres yang dialami sangat tinggi, siap-siap untuk meninggalkan rok atau celana favorit Anda.

Makan dalam porsi kecil
Hindari makan terburu-buru, itu hanya akan menambah lemak di perut Anda. Sebaiknya, makanlah dengan porsi kecil dan nikmati makanan Anda secara perlahan. Hal ini membantu dalam proses pecernaan yang baik dan membuat Anda tetap sehat. Makan di piring yang lebih kecil, sehingga Anda dapat menghindari makan dengan porsi besar. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section