1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Cara Alami Bersihkan Rambut Tanpa Sampo

Membersihkan rambut ternyata dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami.

By Azalia Amadea 15 Februari 2016 18:56
Ilustrasi rambut bersih dan sehat alami (Foto: stylecraze.com)

Money.id - Beberapa ahli mengatakan menggunakan sampo terlalu sering akan membuat rambut menjadi rusak dan mudah rontok. Idealnya keramas dilakukan minimal 2 hari sekali.

Namun terkadang orang-orang keramas setiap hari, padahal hal tersebut akan memperburuk keadaan rambut.

Apalagi bagi mereka yang menderita kulit kepala berminyak, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan keramas setiap hari.

Dilansir dalam laman boldsky.com Senin 15 Februari 2016, ada solusi sederhana yang dapat Anda ikuti, untuk membersihkan rambut secara alami tanpa menggunakan sampo.

Foto: boldsky.com

Salah satunya baking soda, taburkan satu sendok makan baking soda pada rambut yang telah dibasahi, lalu lakukan pemijatan selama 15 menit dan bilas.

Tambahkan sedikit cuka apel untuk menyeimbangkan alkalinitas dari baking soda, hal tersebut dapat membuat kulit kepala menjadi sehat. Selain ini masih banyak bahan alami pembersih rambut lainnya sebagai berikut:

Daun mint

Rendam daun mint selama 10 menit dalam air panas, saring airnya dan biarkan daun-daun menjadi layu.

Pertama, bilas rambut dengan air lalu taruh daun mint tadi ke kepala dan pijat-pijat. Ramuan tersebut dapat membantu menghilangkan residu dan kotoran di kulit kepala.

Rosemary

Daun ini memiliki harum yang khas dan biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Ternyata rosemary juga dapat membersihkan dan membuat rambut wangi.

Caranya rendam beberapa helai rosemary dalam air hangat yang akan digunakan sebagai air bilasan rambut selama delapan menit. Lalu bilaslah rambut dengan air tersebut.

Air cuka

Cuka dapat membantu mengatasi beberapa masalah rambut seperti rambut berminyak, ketombe dan kutuan.

Yang perlu dilakukan adalah beri kepala dengan beberapa tetes cuka hitam alami, setelah didiamkan selama tujuh menit, pijat kepala lalu bilas dengan air bersih dingin. Jika ingin rambut Anda berkilau gunakan cuka apel.

Minyak lemon

Jika Anda merasa rambut sering bau dan kulit kepala mudah berkeringat, gunakan ramuan minyak lemon sebagai solusinya. Siapkan dua butir telur ambil bagian kuningnya saja, tambahkan empat tetes minyak lemon lalu aduk rata.

Aplikasikan ramuan tersebut ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Setelah 10 menit bilas kepala dengan air hangat. Dlam waktu seminggu rambut Anda akan berkilau alami. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section