1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Selain Kesehatan, Ada Alasan Lain Harus Batasi Konsumsi Daging!

Mengonsumsi daging ternyata dapat mempengaruhi kesehatan dan...

By Azalia Amadea 13 Agustus 2016 15:33
Sajian daging steak (fillyourplate.com)

Money.id - Pada dasarnya segala hal yang berlebihan tidak baik untuk tubuh, termasuk pengonsumsian daging. Bila dikonsumsi berlebihan akan berdampak pada kesehatan bahkan lingkungan. 

Dikutip laman Independent.co.uk, Sabtu 13 Agustus 2016, mengonsumsi daging ternyata dapat mempengaruhi lingkungan. Diketahui upaya pemerintah mengurangi emisi rumah kaca terbentur kebutuhan sektor peternakan yang menghasilkan metana (CH4).

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menjelaskan, metana adalah gas rumah kaca yang dihasilkan paling tinggi kedua di dunia. Lebih dari 60 persen dari total emisi CH4 berasal dari aktivitas manusia.

Upaya global untuk mengurangi metana telah menjadi prioritas banyak negara dalam beberapa tahun terakhir, sebagai dampak dari peningkatan pengonsumsian daging. 

Salah satu negara yang mengonsumsi daging dalam jumlah tidak mdoerat atau berlebihan adalah Inggris. Organisasi Pangan PBB (FAO) menyebutkan, pada 2012 Inggris menduduki peringkat 22 untuk konsumsi daging per orang. Rata-rata warga Inggris mengonsumsi 85,8 kilogram daging per orang setiap tahunnya.

Sementara itu pada 2015, sektor peternakan semakin mendominasi industri penghasil emisi metana atau hampir setengah dari total emisi di Inggris. Konsumsi daging ini tidak hanya terkait dengan masalah lingkungan dan keuangan, tapi juga kesehatan.

Konsumsi daging mentah dan daging olahan dapat menyebabkan kanker usus. Tingginya konsumsi daging juga dapat meningkatkan penyakit kardiovaskular.

"Mengonsumsi daging lebih sedikit adalah cara sederhana makan sehat dan itu juga lebih baik untuk lingkungan," ujar Sue Dibb, Koordinator Eating Better Alliance.

Oleh karena itu, seluruh dunia menyelenggarakan Hari Bebas Daging Sedunia atau World Meat Free yang jatuh pada 13 Juni. Gerakan itu dimaksudkan untuk membatasi pengonsumsian daging. 

"Hari bebas makan daging sedunia adalah kampanye yang tepat untuk melakukan perubahan pada hidup," tegas Sue. (els)

 

 

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section