1. HOME
  2. FRESH

Haruskah Menaruh Telur di Lemari Es?

Ternyata, para ilmuwan tidak menyarankan menyimpan telur di suhu dingin. Kenapa?

By Adhi 17 Oktober 2015 19:22
Ilustrasi (rockets.com)

Money.id - Sudah menjadi sebuah kebiasaan sejak lama menyimpan telur ayam di lemari es (kulkas). Menurut yang diinfromasikan laman Boldsky, kebiasaan ini pertama kali diperkenalkan di  Amerika Serikat, kemudian pindah ke berbagai negara termasuk India. Jika kita berkunjung ke India, kita akan temukan lemari es yang terpisah hanya untuk menyimpan telur.

Alasan utama mengapa kebanyakan dari kita menyimpan di lemari es adalah untuk membantu mengurangi risiko salmonella. Namun begitu, nyatanya para ilmuwan mengatakan menyimpan telur ayam di lemari es itu tidak sehat. 

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa tidak perlu untuk menyimpan telur di lemari es:

1. Suhu ruangan bagus untuk membuat kue

Untuk anda yang suka memanggang, suhu ruangan lebih baik dibandingkan dengan suhu dingin. Alasannya adalah karena putih telur dingin sulit menyatu sehingga mengakibatkan tekstur kue padat.

2. Tidak membusuk 

Menyimpan telur di suhu ruangan tidak cepat membusuk jika dibandingkan dengan yang disimpan dalam suhu dingin. Karena telur akan mengental di suhu dingin. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari menyimpan telur di lemari es.

3. Bakteri pada kulit telur

Menyimpan telur dalam suhu dingin dan kemudian dikeluarkan pada suhu ruangan dapat menyebabkan kondensasi, yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri pada cangkang yang mungkin bisa masuk ke telur. Hal itu tidak sehat untuk dikonsumsi.

Laporan: Putri Nabilla Wiranti

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section