1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Deteksi Dini, Begini Gejala Rusaknya Fungsi Ginjal

Begitu banyaknya fungsi ginjal yang akan berpengaruh terhadap tubuh manusia.

By Azalia Amadea 3 Februari 2016 18:46
Tunggul D Situmorang, dokter spesialis penyakit dalam (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh sebagaimana hati, jantung, paru, dan organ lainnya. Ginjal manusia terdiri dari dua buah dengan masing-masing sebesar kepalan tinju, berbentuk pipih, dan lonjong seperti buah. Ginjal terletak di pinggang sehingga disebut buah pinggang.

"Fungsi ginjal sangat kompleks, fungsi utamanya sebagai pembersih darah dari racun-racun hasil metabolisme tubuh dengan cara memfiltrasi dan mengeluarkannya melalui urine," kata Tunggul D Situmorang, dokter spesialis penyakit dalam yang ditemui Money.id dalam acara konferensi pers Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di Jakarta, Rabu 3 Februari 2016.

Ginjal juga bertanggung jawab untuk memelihara keseimbangan dan keasaman cairan tubuh, keseimbangan elektrolit, menghasilkan hormon untuk proses pembentukan sel-sel darah merah.

Begitu banyaknya fungsi ginjal yang akan berpengaruh terhadap tubuh manusia. Oleh karena itu, jika ginjal seseorang sudah terganggu fungsinya, dapat dideteksi dini dengan cara melihat gejalanya.

Gejala rusaknya fungsi ginjal ditandai dengan menghilangnya nafsu makan, mual hingga muntah, gatal-gatal, badan menjadi bengkak, wajah pucat, mudah lelah dan sesak dengan nafas yang berbau pesing.

"Perlu diketahui banyak pasien yang menyimpulkan bahwa apabila sakit pinggang berarti sakit ginjal atau sebaliknya, padahal hal tersebut salah. Faktanya banyak pasien yang sakit ginjal bukan karena gejala awal sakit pinggang ataupun sebaliknya," ujarnya.

Bahaya lebih akan dirasakan bagi mereka para penderita hipertensi dan diabetes, karena pada umumnya penyebab utama orang terkena gagal ginjal adalah mereka yang terjangkit diabetes atau hipertensi.

Memelihara dan menjaga fungsi ginjal dapat dilakukan dengan cara mengubah pola hidup agar lebih sehat.

Lalu melakukan diet rendah protein yang dianjurkan bagi mereka yang telah mengalami gangguan fungsi ginjal sedang.

Selain itu cobalah untuk mengubah gaya hidup dengan menjaga makanan yang akan dikonsumsi, minum air putih rata-rata delapan gelas setiap hari, jaga gula darah, lemak dan kadar darah agar tetap normal.

Jangan merokok dan jangan mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit sembarangan.

"Cobalah untuk tetap fit dan aktif, serta menjaga berat badan agar tetap ideal," kata Tunggul. (poy)

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section