1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Daftar Makanan Sehat yang Cocok untuk Menu Sarapan

Selain menggugah selera, menu sarapan yang baik harus memenuhi kebutuhan gizi.

By Dwifantya Aquina 3 Desember 2016 07:24
Ilustrasi makanan sehat (farrago.co.id)

Money.id - Sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh karenannya, ahli kesehatan selalu menyarankan untuk tidak melewatkan santap pagi. Namun, memilih menu untuk sarapan juga tidak boleh sembarangan. Selain menggugah selera, menu sarapan yang baik harus memenuhi kebutuhan gizi.

Berikut ini 6 bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan seperti dikutip dari CekAja.com.

Alpukat

Alpukat mudah diperoleh dan punya rasa yang lezat. Untuk menyantap buah ini pun sangat mudah. Anda bisa memakannya langsung atau mencampur alpukat dengan bahan lain. Selain rasanya yang lezat kandungan lemak tak jenuh alpukat cukup tinggi. Tak heran orang akan merasa kenyang dalam waktu lama bila menyantap makanan satu ini.

Alpukat juga dikenal memiliki kandungan folatĀ  tinggi yang bisa meminimalkan risiko seseorang terkena serangan jantung. (Baca juga: Ternyata, Salah Kostum Saat Berolahraga Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan)

Jeruk lemon

Jeruk lemon memiliki banyak kandungan yang berguna untuk tubuhmu. Pertama, lemon memiliki vitamin C yang berguna untuk membuat daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu, lemon juga mengandung flavonoid yang berfungsi mencegah tumbuhnya sel kanker. Untuk mengkonsumsi lemon Anda bisa memeras sari lemon dan meminumnya atau mencampurkan lemon sebagai bahan makanan.

Brokoli

Brokoli adalah makanan yang memiliki segudang manfaat. Selain vitamin K brokoli juga mengandung vitamin C. Bahkan, sayuran satu ini dikenal sebagai bahan makanan yang menurunkan risiko kanker pada manusia. Usahakan untuk menyantap setidaknya satu ikat brokoli setiap pagi.

Kentang

Satu buah kentang memiliki berbagai macam kandungan bermanfaat, salah satunya adalah kandungan folat yang berguna untuk membangun sel-sel dalam tubuh. Selain itu, kentang juga dapat meningkatkan imunitas serta memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Salmon

Kamu suka sushi? Nah, mulai sekarang kamu bisa jadikan sushi ikan salmon sebagai menu sarapan. Sebab, kandungan omega 3 yang tinggi pada daging salmon dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit alzheimer dan hilang ingatan. (Baca juga: Jawab Pertanyaan Ini Jika Kamu Tidak Ingin Jatuh Miskin di Tahun 2017)

Bayam

Pernah nonton popeye? Dalam kartun tersebut bayam digambarkan sebagai sayuran yang sangat bermanfaat. Tidak salah, karena menurut penelitian bayam punya kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat mempengaruhi kesehatan mata.

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section