1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat, Ternyata Ini Penyebab Ketiak Menjadi Hitam

Inilah lima faktor penyebab ketiak Anda berubah warna menjadi gelap atau menghitam.

By Azalia Amadea 19 Juli 2016 16:25
Ilustrasi ketiak hitam (stylecraze.com)

Money.id - Memiliki ketiak hitam membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri, terutama bagi para wanita. Hal ini dikarenakan wanita gemar memakai pakaian-pakaian sleeveless atau tanpa lengan.

Memiliki ketiak putih ternyata bukanlah sekedar mimpi jika Anda mengetahui penyebab-penyebab ketiak berubah warna menjadi gelap atau menghitam. Dilansir laman livestrong.com Selasa 19 Juli 2016, berikut lima faktor penyebab ketiak menghitam.

Mencukur bulu ketiak

Mencukur ketiak dapat menjadi penyebab utama ketiak menghitam. Alasannya karena mencukur dapat membuat kulit ketiak mudah iritasi dan berubah warna menjadi kehitaman. Cobalah untuk beralih ke perawatan waxing yang dapat membersihkan bulu ketiak hingga keakarnya.

Pemakaian deodoran

Bahan kimia dalam produk antiperspiran seperti deodoran dapat bereaksi terhadap kulit ketiak. Reaksi tersebutlah yang menyebabkan kulit ketiak menghitam. Cobalah untuk mengganti deodoran Anda dengan produk deodoran yang menggunakan bahan alami.

Infeksi bakteri

Eritrasma adalah infeksi pada lapisan kulit paling atas yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Minutissimum. Kondisi ini bisa membuat warna kulit ketiak berubah menjadi kehitaman.

Acanthosis Nigricans

Acanthosis Nigricans adalah kondisi dimana kulit berubah menjadi gelap, tebal, berkerut, dan berlipat. Biasanya kondisi ini terjadi pada area lipatan seperti ketiak, leher dan area V. Penyebabnya karena kelebihan berat badan atau kadar insulin dalam darah seperti pada pengidap diabetes tipe 2.

Jarang Eksfoliasi

Keringat di ketiak dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran. Jika tidak dieksfoliasi atau diangkat sel-sel kulit mati serta kotorannya secara rutin, maka berdampak pada perubahan warna ketiak menjadi hitam. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section