1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat, Ini Ciri-ciri Anak Sehat dan Cukup Nutrisi

Menurut Grace, pemerhati gaya hidup anak, ada lima ciri-ciri fisik anak cukup nutrisi.

By Azalia Amadea 14 Juli 2016 17:49
Grace Judio (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Anak usia sekolah membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menunjuang aktivitas mereka sehari-hari. Kebanyakan orang tua mungkin tidak mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi nutrisi anak karena kebutuhan nutrisi dan gizi setiap anak yang berbeda-beda.

Grace Judio, seorang dokter sekaligus pemerhati gaya hidup anak mengatakan, kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang anak harus seimbang. Misalnya, untuk anak sekolah usia 7-9 tahun umumnya membutuhkan 1.850 kalori per hari. Sedangkan, anak usia 10-12 tahun membutuhkan 2.100 kalori.

"Orang tua tidak boleh asal kasih makanan ke anak, coba lakukan pemeriksaan jumlah kebutuhan nutrisi ke dokter anak. Dengan begitu, orang tua dapat mengerti berapa jumlah kalori yang harus diberikan ke anak setiap harinya," kata Grace yang ditemui Money.id dalam acara Milo Champ Squad di Jakarta, Kamis 14 Juli 2016.

Grace juga menjelaskan bahwa anak yang cukup nutrisi memiliki ciri-ciri fisik yang nampak terlihat. Lalu, bagaimana ciri-ciri anak cukup nutrisi? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Anak cukup bergerak

Grace menuturkan bahwa anak usia sekolah harus cukup gerak. Caranya dengan mengikutsertakan mereka dalam kegiatan aktivitas fisik seperti karate, taekwondo, wushu, dan olahraga fisik lainnya. Jenis olahraga tersebut dapat melatih kerja otot agar memunculkan otot-otot baru yang berfungsi meningkatkan motabolisme tubuh.

2. Warna kuku

Ciri fisik lainnya adalah warna kuku. Warna kuku anak yang sehat adalah berwarna merah muda bukan putih pucat. Warna kuku merah muda alami tersebut menandakan anak cukup nutrisi serta memiliki pola hidup yang sehat.

3. Wajah merah merona

Seperti halnya orang dewasa, anak-anak yang sehat dan cukup nutrisi pun memiliki ciri wajah yang nampak segar. Wajah segar tersebut dapat dilihat dengan warna pipi dan bibir merah mudah sehingga terlihat sehat.

4. Area pinggir mata

Coba perhatikan area pinggir dalam mata pada anak. Jika warna area tersebut berwarna kuning dan pucat maka anak tersebut kekurangan nutrisi dan dapat berakibat fisik lemah. Ciri anak yang cukup nutrisi ditandai dengan warna merah pada area pinggir dalam mata.

5. Ceria

Ciri fisik terakhir adalah ceria. Anda dapat meilihat gerak-gerik dan mimik wajah anak yang ceria. Jika gerak-gerik dan wajah mereka berubah menjadi pucat serta lesu bisa jadi ada indikasi anak kekurangan nutrisi dan sedang tidak sehat. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section