1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat! 7 Fakta Penting dari Buah Semangka

Hati-hati ternyata semangka juga membawa efek negatif jika...

By Rizki Astuti 12 September 2016 08:40
Semangka (Pixabay)

Money.id - Anda menyukai buah semangka bukan? Ya, daging buahnya yang manis dengan kandungan airnya yang banyak akan mendatangkan kesegaran yang penuh sensasi.

Semangka memang buah musiman yang ditemukan di banyak negara tropis seperti Indonesia. Semangka memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membuat hidup menjadi lebih berkualitas.

Namun, seperti buah atau sayuran lainnya, semangka juga membawa efek negatif tertentu. Terutama jika Anda mengkonsumsinya tanpa mengetahui fakta-fakta penting tentang semangka.

Melansir dalam laman Boldsky, Senin 12 September 2016, berikut adalah fakta tentang buah semangka yang harus Anda ketahui.

1. Belum Matang

Pastikan bahwa Anda melihat noda-noda kuning pucat pada buah ketika Anda membeli semangka. Karena itu adalah tanda bahwa semangka diangkat terlalu cepat sehingga kemungkinan tidak matang secara sempurna.

2. Lebih Bergizi Disimpan Disuhu Tertentu

Fakta penting yaitu buah semangka tidak akan kehilangan kandungan nutrisinya jika disimpan di suhu ruangan daripada ditaruh di lemari pendingin.

3. Cuci Semangka

Buah semangka mungkin mengandung banyak debu dan bakteri pada kulitnya. Sehingga buah semangka harus dicuci sampai bersih sebelum dipotong dan dimakan.

4. Cegah Dehidrasi

Manfaat kesehatan yang utama dari buah semangka adalah mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Pasalnya, buah semangka mengandung lebih dari 70 persen air, jadi sangat pas sekali sebagai buah favorit di musim panas.

5. Tak Perlu Tambahkan Gula

Kalau Anda membuat smoothie atau jus dari buah semangka, Anda tak perlu menambahkan gula ke dalamnya. Karena tentu ini lebih menyehatkan bagi Ahnda yang sedang diet.

6. Cegah Penyakit Jantung dan Kanker

Buah semangka sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung karena buah ini bersifat mencuci jaringan pembuluh arteri sehingga darah bisa mengalir dengan lancar. Selain itu buah semangka juga membantu dalam mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan anti-oksidan yang terdapat dalam buah semangka. (dwq)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section