1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Awas Kosmetik Palsu! Ini Cara Membedakan yang Asli dan Palsu

Dan bagi Anda yang suka membeli kosmetik di toko yang bukan toko kosmetik, Anda juga harus berhati-hati dan lebih baik mencobanya terlebih dulu.

By Dian Rosalina 15 September 2016 07:05
Ilustrasi Kosmetik (Australianlasser.co.au)

Money.id - Sekarang ini banyak produk kosmetik yang dijual secara online, atau dijual di mal dengan toko seadanya. Bila Anda suka membeli kosmetik secara online, disarankan berhati-hati karena bisa saja kosmetik yang Anda beli adalah palsu.

Dan bagi Anda yang suka membeli kosmetik di toko yang tak resmi, Anda juga harus berhati-hati dan lebih baik mencobanya terlebih dulu. Sebab kosmetik palsu tentu bisa membahayakan kesehatan Anda.

Dikutip dari Brightside, Kamis 15 September 2016, berikut ini adalah cara membedakan kosmetik palsu dan yang asli agar Anda bisa terhindar dari kosmetik berbahaya di pasaran. Ini ulasannya.

Beli di Pengecer Resmi

Sudah dikatakan sebelumnya, belilah kosmetik dari pengecer-pengecer resmi. Jangan ragu untuk mengunjungi situs resmi produsen kosmetik dan memeriksa daftar alamat pengecernya.

Lewat pengecer resmi, Anda bisa mendapatkan produk kosmetik dengan harga yang lebih murah. Namun Anda harus tetap berhati-hati karena diskon yang terlalu tinggi, bisa menjadi tanda makeup tersebut palsu.

Sebaiknya sebelum Anda membeli kosmetik mahal, mintalah kepada penjual yang bersangkutan untuk menunjukkan sertifikat mutu, jika mereka menolak, lebih baik cari toko lain yang bisa menunjukkannya.

Lihat Kemasan

Beberapa produk kosmetik populer banyak yang dibuat semirip mungkin dengan kosmetik yang asli, termasuk di bagian segi kemasan. Salah satu cara untuk memastikan kosmetik yang Anda beli adalah asli dengan mengunjungi situs resmi.

Kemudian cocokkan produk yang Anda beli dengan gambar online yang terpasang. Selain bentuk huruf, berat produk pun perlu Anda periksa. Anda bisa mendeteksi dengan cara memegangnya, jika ringan sekali, berarti Anda sedang memegang replika.

Periksa Kode Nomor Seri, dan Informasi Manufaktur

Jika palsu, ada dua sampai tiga digit kode bar mungkin tidak cocok dengan negara asal yang terdaftar pada kemasan atau produk itu sendiri. Apalagi jika nomor seri pada produk sampai hilang. Jadi sebelum Anda membeli sesuatu, pastikan nomor seri pada produk sesuai dengan nomor pada kotak kemasan.

Produk asli akan mencantumkan bahan-bahan yang digunakan. Ditambah merek kosmetik ternama sering menambahkan informasi dalam bahasa-bahasa yang berbeda.

Periksa Warna Produk

Di pasaran dan toko online sering menjual produk-produk kosmetik seperti blush on, lipstik, bedak, dan foundation. Hal tersebut kemungkinan dipalsukan karena perbedaan nuansa warna yang sangat berbeda dari produk asli. Untuk menghindarinya, kunjungi situs resmi produsen kosmetik dan lihat warna di setiap produk makeup yang asli.

Bau dan Konsistensi

Kosmetik yang asli tidak seharusnya memiliki zat aneh atau berkilau di dalamnya, apalagi untuk produk matte. Kosmetik bentuk krim seharusnya juga tidak mengandung kotoran berbentuk apapun.

Lipstik yang palsu misalnya, akan terlihat kurang menarik dan memiliki beberapa ketidaksempurnaan. Contoh maskara asli yang didesain khusus selalu memiliki bau yang khas. Jadi jika suatu produk memiliki bau yang tak sedap atau terlalu wangi, itu bisa saja palsu.

Coba Produk Sebelum Membeli

Jangan ragu untuk mencoba menguji produk kosmetik yang ingin Anda beli di toko. Ingatlah, produk makeup berkualitas tinggi akan mudah diratakan dan menyatu dengan warna kulit. Lebih baik Anda mencobanya, jika tidak gatal berarti produk itu aman. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section