1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Alergi Kosmetik? Redakan dengan Bahan-bahan Alami Ini

Tak semua wanita cocok menggunakan produk kecantikan. Banyak wanita yang mengeluh kulit wajahnya memerah atau gatal bahkan membengkak.

By Dian Rosalina 23 Januari 2016 06:30
Ilustrasi Alergi Kosmetik (www.thetwoangles.com)

Money.id - Banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran saat ini. Tak hanya itu, klinik-klinik kecantikan sudah tersebar di sudut-sudut kota besar. Mulai dari yang memiliki harga selangit, hingga murah.

Namun sayangnya tidak semua wanita cocok menggunakan produk kecantikan tersebut. Itulah alasan mengapa banyak wanita yang mengeluh kulit wajahnya memerah atau gatal bahkan membengkak dan mengelupas.

Bila sudah terjadi, hal pertama Anda lakukan pasti membersihkan seluruh produk tersebut dari wajah menggunakan air. Namun jika masih mengalami gejala alergi, ada cara yang bisa Anda lakukan.

Dikutip dari diethealthclub.com, Sabtu 23 Januari 2016, bahan-bahan alami ini bisa untuk meredakan alergi. Bahan-bahan tersebut dapat Anda buat di rumah. Berikut ulasannya.

Jus daun lidah buaya

Jus ini memiliki khasiat untuk menenangkan secara alami. Sifatnya yang hydrating bisa meredakan kulit kering dan gatal-gatal. Selain itu lidah buaya kaya vitamin E yang dibutuhkan untuk meredakan alergi di kulit.

Buatlah masker dari jas daun lidah buaya dan biarkan hingga radang kulit sembuh. Tunggu paling tidak 15 menit.

Mentimun

Buah mentimun punya sifat mendinginkan dan melembabkan secara alami. Bahan ini juga ampuh meredakan peredangan pada kulit alergi atau gatal-gatal.

Haluskan mentimun tanpa mengupasnya lalu rendam kapas bersamanya. Diamkan jus mentimun dalam kulkas selama beberapa menit. Kemudian terapkan masker tersebut di kulit Anda yang alergi.

Air mawar

Air mawar punya banyak manfaat untuk kulit, salah satunya adalah meredakan peradangan dan ruam kulit karena alergi kosmetik.

Caranya, rendam kapas di dalam air mawar, lalu tempelkan sebagai masker pada wajah atau bagian yang terkena alergi.

Pijat perlahan agar meresap dan gatal cepat hilang. Anda juga bisa langsung membasuh wajah dengan air mawar tersebut.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki zat anti-radang dan baik menutrisi kulit. Saat merasa kulit Anda seperti akan alergi, cepat terapkan minyak ini.

Selain menghilangkan radang, minyak zaitun juga akan melembabkan secara alami. Namun sayang, efeknya agak lama dibandingkan lidah buaya.

Kantung teh

Teh berfungsi sebagai sumber antioksidan membantu marawat wajah dan mata Anda. Masker berbahan dasar teh dapat mencegah kekeringan pada kulit wajah. Tanin pada teh dapat memberi kesegaran kembali pada kulit sekitar mata.

Maka dari itu setelah menyeduh teh, jangan langsung dibuang. Tempelkan kantung teh pada wajah yang gatal karena alergi.

Usap-usapkan perlahan sambil memijat wajah. Kemudian diamkan selama 10-15 menit untuk menghilangkan gatal. Lakukan setiap malam untuk hasil terbaik. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section