1. HOME
  2. FRESH
FRESH

7 Manfaat 'Ajaib' Kunyit untuk Tubuh Anda

Kunyit banyak ditemukan di daerah terbuka di Indonesia.

By Abdul Kharis 17 Maret 2016 10:00

Money.id - Curcumae domesticae rhizoma yang dikenal sebagai kunyit adalah tanaman monokotil. Kunyit banyak ditemukan di daerah terbuka di Indonesia, China selatan, Taiwan, Kamboja dan India, tetapi juga banyak dibudidayakan di seluruh Asia Tenggara.

Mengutip dari vegetafruit.com, Rabu, 16 Maret 2016, berikut adalah tujuh manfaat kesehatan yang luar biasa dari kunyit untuk tubuh Anda.

1. Obat untuk pilek

Parut kunyit kemudian makan dengan garam dan minum air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah pilek.

2. Menghilangkan darah kotor

Siapkan empat buah kunyit, kemudian parut. Lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum dua kali sehari secara teratur untuk menghilangkan darah kotor.

3. Mengobati radang lambung

Ambillah dua buah kunyit sebesar ibu jari, bersihkan kulitnya kemudian dikunyah dan telan airnya lalu buang ampasnya. Setelah itu minum air putih satu gelas. Ulangi dari awal setiap hari sampai sembuh.

4. Mengobati keseleo

Ambil satu buah kunyit kemudian parut dan cuci bersih. Oleskan pada tubuh saat keseleo.

5. Mengobati sakit perut

Cucilah kunyit sampai bersih. Kemudian parut dan tambahkan dua sendok makan air serta sedikit garam masak. Kemudian saring campuran dan ambilah airnya. Minum airnya dua-tiga kali sehari.

6. Sebagai obat batuk

Selain ampuh mengobati sakit perut, ternyata kunyit juga bisa dijadian sebagai obat batuk, terutama untuk batuk kering.

Cara pembuatannya adalah tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

7. Mengobati diare

Pertama siapkan beberapa siung kunyit yang sudah dikupas. Parut hingga halus kemudian rebus dengan dua gelas air hingga air dalam rebusan menjadi satu gelas. Minumlah rebusan air kunyit dalam keadaan hangat secara teratur yaitu tiga kali sehari.

Selain itu, kunyit dapat digunakan sebagai obat untuk kadar kolesterol dan troglisireda darah yang tinggi, demam, pilek dengan hidung tersumbat, rematik, nyeri dada, asma, sindroma dispepsia.

Kemudian terlambat haid, haid tidak teratur, sakit kuning, hepatitis, batu empedu dan berbagai penyakit radang hidung, radang telinga, radang gusi, radang usus buntu, radang amandel, radang rahim dan keputihan. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section