1. HOME
  2. FRESH
FRESH

6 Cara Alami Normalkan Kolesterol Pasca Menyantap Masakan Lebaran

Berikut daftar makanan alami yang dapat menormalkan kembali tingkat kolesterol dalam tubuh.

By Azalia Amadea 8 Juli 2016 17:05
Ilustrasi santapan lebaran (ensiklopediaindonesia.com)

Money.id - Perayaan Idul Fitri semakin meriah dengan santapan-santapan nikmat dan menggoda seperti ketupat dan lauk-lauk khasnya. Kebanyakan dari lauk tersebut mengandung santan dan minyak berlebih. Hal itu yang dapat membuat tingkat kolesterol dalam tubuh meningkat.

Kemungkinan terburuknya, jika tingkat kolesterol tinggi dapat berakibat penyakit jantung. Maka cara terbaik untuk menormalkan tingkat kolesterol dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi ramuan alami. Melansir laman boldsky.com Jumat 8 Juli 2016, berikut daftar makanan alami yang dapat menormalkan kembali tingkat kolesterol dalam tubuh.

Jus jeruk

Selain segar, jus jeruk juga dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh dan melancarkan aliran darah. Caranya cukup dengan meminum dua gelas jus jeruk setiap hari saat perut kosong.

Anggur

Anggur merah juga dapat menjadi obat alami yang dapat membantu menormalkan tingkat kolesterol. Caranya dengan meminum segelas jus anggur, atau memakan segenggam buah anggur segar setelah makan.

Roti atau nasi merah

Roti atau nasi merah jauh lebih sehat daripada roti atau nasi putih. Selain itu, roti atau nasi merah juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam waktu singkat dan juga menurunkan kadar lemak dalam darah.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat mengontrol dan mengurangi tingkat kolesterol. Cukup dengan meminum satu sendok makan minyak zaitun pada malam hari untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan berserat

Penelitian telah menunjukkan bahwa biji-bijian dan makanan berserat memungkinkan untuk menurunkan kadar kolesterol. Serat yang larut dalam tubuh dapat mengurangi tingkat kolesterol 12-24 persen.

Madu

Madu mengandung komponen baik yang dapat mengurangi kolesterol. Caranya dengan meminum satu sendok teh madu setiap hari. Selain itu, madu juga mengandung homocysteine, sejenis asam amino yang diketahui meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah perifer dan penyakit jantung. (poy)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section