1. HOME
  2. FRESH
TIPS KERJA

Ini 5 Profesi Sampingan untuk Tambah Penghasilan Karyawan

Sebenarnya ada beberapa profesi sampingan yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan.

By Abdul Kharis 7 Maret 2016 16:19
Ilustrasi laptop kerja/Pixabay

Money.id - Karyawan memiliki gaji tetap setiap bulannya dan hanya melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya. Tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa profesi sampingan yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan oleh para karyawan.

Mengutip dari entrepreneurs.about.com, Senin 7 Maret 2016, berikut adalah 5 pekerjaan yang dapat dilakukan walaupun Anda bekerja.

1. Web developer

Fakta membuktikan bahwa permintaan pengembang web sangat tinggi saat ini. Dalam bisnis online, suatu kebutuhan memiliki pengembang web berbakat untuk membantu mengintegrasikan fitur baru, upgrade fungsionalitas, dan mengusir bug.

Dimulai dengan membangun keterampilan dalam bekerja dengan HTML, CSS, Ruby, atau Javascript, Anda dapat mulai mencari klien dan secara bertahap membangun bisnis pengembangan web freelance sendiri sementara Anda masih memegang pekerjaan di kantor.

2. Blogger

Jika Anda punya bakat untuk menulis, dan memiliki kemampuan untuk membangun hubungan untuk diri sendiri dalam industri tertentu, meluncurkan sebuah blog bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan.

Setelah memiliki pembaca setia, Anda akan memiliki pilihan yang tak terhitung tentang bagaimana untuk meng-uangkan situs untuk iklan, e-book Anda sendiri, kursus online, konten disponsori, dan jasa konsultasi pribadi.

Apapun yang Anda lakukan, pastikan konten yang berguna untuk pembaca. Itulah satu-satunya cara Anda akan dapat membangun hubungan yang berarti dan mendapatkan uang banyak.

3. Konsultan travel

Jika senang bepergian atau tinggal di daerah dengan volume tinggi wisatawan, menawarkan perjalanan jasa konsultasi travel bisa menjadi bisnis sampingan yang mengagumkan.

4. Fotografer

Jika Anda memiliki kamera DSLR atau teman fotografer, fotagrafi bisa menjadi pilihan bisnis sampingan yang sangat efektif.

Banyak fotografer yang sukses dimulai dengan membangun portofolio kerja mereka, membangun reputasi, dan telah mampu memulai bisnis fotografi. Anda tetap bisa menjadi fotografer di tengah kesibukan bekerja.

5. Penulis

Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk menulis setiap harinya. Entah itu berupa novel, cerpen, atau puisi.

Memang kelihatan sepele, tetapi kita tidak pernah tau bila orang-orang menyukai tulisan Anda. Profesi ini cukup menjajikan bagi mereka yang suka menulis dan mengisi waktu luang.

Jika menulis novel, Anda menulis secara perlahan setiap hari lalu mengirimkan ke penerbit. Hampir sama dengan kisah J.K Rowling yang menulis novel Harry Potter saat menidurkan anaknya. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section