1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Orang Sukses yang Pernah Dipecat dari Pekerjaannya

Saat Anda dipecat, itu momen yang paling pas untuk introspeksi diri dan menyusun strategi ke depan.

By Abdul Kharis 14 Juni 2016 07:30
Steve Jobs (hello-pet.com)

Money.id - Jika Anda dipecat dari pekerjaan yang sedang ditekuni, janganlah patah semangat dan merasa lemah. Banyak sekali orang sukses yang sebelumnya telah dipecat dari pekerjaanya seperti Steve Jobs, pendiri Apple.

Saat Anda dipecat, itu momen yang paling pas untuk introspeksi diri dan menyusun strategi ke depan. Sehabis dipecat adalah momen yang pas untuk mencari dan menggali potensi diri.

Mengutip dari jobsearch.about.com, Senin 13 Juni 2016, berikut adalah lima orang yang sukses setelah dipecat dari perusahaan tempatnya bekerja.

1. Steve Jobs

Steve Jobs dan Steve Wozniak secara bersama mendirikan Apple pada 1 April 1976. Namun pada 1985 dia dipecat oleh dewan direksi Apple karena perselisihan kepemimpinan.

Sementara itu, Apple hampir bangkrut beberapa tahun setelah ditinggal Steve Jobs. Pada awal 1993 beberapa produk Apple gagal di pasaran karena kalah bersaing dengan produk milik Microsoft.

Hampir bangkrutnya Apple ternyata berhasil mengembalikan Steve Jobs pada posisinya di Apple. Di tangan Steve Jobs lah upaya membangkitkan kembali Apple mulai berjalan hingga menjadi perusahaan yang besar saat ini.

2. Oprah Winfrey

Oprah pernah kehilangan pekerjaannya sebagai reporter berita di Baltimore TV karena sang produser menganggap Oprah tidak cocok dengan pekerjannya itu. Tetapi pada saat ini, Oprah sudah menjadi ratu talkshow di Amerika dengan menjadi pemandu acaranya sendiri yaitu Oprah Show.

3. JK Rowling

Hati-hati kalau Anda ingin mengerjakan pekerjaan sampingan di kantor. Nasib Anda bisa seperti JK Rowling yang dipecat dari pekerjaannya sebagai sekretaris di Amnesty Inernasional karena menggunakan komputer untuk urusan pribadi.

Setelah dipecat, JK Rowling tidak bekerja dan menulis sebuah novel sambil mengurus anaknya. Kemudian terciptalah novel Harry Potter yang legendaris hingga saat ini.

4. Walt Disney

Tokoh pencipta kartun Mickey Mouse ini dipecat dari pekerjaannya sebagai kartunis di koran Kansas City Star karena alasan kurang imajinatif. Tetapi Walt Disney berhasil memutarbalikan keadaan dengan menciptakan studio animasi terbesar di dunia.

5. Thomas Edison

Thomas Edison penemu bohlam lampu pernah dipecat dari dua perusahaan tempat bekerja karena disebut tidak produktif. Tetapi, sebagai penemu, ia membuat 1.000 percobaan sebelum menciptakan bohlam lampu.

Ketika seorang reporter menanyakan, "Bagaimana rasanya melakukan 1.000 percobaan gagal? Thomas menjawab, saya tidak gagal seribu kali, tetapi untuk menciptakan bohlam lampu, diperlukan 1.000 langkah." (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section