1. HOME
    2. FRESH
KESEHATAN

5 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental

"Yoga adalah psikologi - sebuah latihan menyeluruh yang membantu kita berhubungan dengan sifat pikiran, sifat menjadi manusia."

By Adhi 9 Mei 2016 06:32
Ilustrasi Yoga (pixabay.xom)

Money.id - Pernah Anda ikut berolahraga yoga? Ya, yoga kini disebut-sebut sebagai olah raga yang tidak hanya menyehatkan fisik, tapi juga mental yang mempraktikannya.

Guru yoga profesional Ashley Turner mengatakan yoga adalah kunci untuk penyembuhan psikologis dan emosional serta menyelesaikan masalah kepercayaan diri, hubungan, keluarga, dan banyak lagi.

"Yoga adalah psikologi - sebuah latihan menyeluruh yang membantu kita berhubungan dengan sifat pikiran, sifat menjadi manusia, bagaimana emosi hidup di tubuh kita, bagaimana mereka mempengaruhi perilaku kita dan pikiran kita," kata Turner seperti dikutip dari laman Yoga Journal.

Berikut adalah lima manfaat yoga bagi kesehatan mental dan kesejahteraan jiwa, serta hubungannya menurut Turner:

1. Yoga menggerakkan Anda dari kondisi kecemasan simpatik ke kondisi kecemasan parasimpatik. Atau dari kondisi lari atau melawan ke kondisi tenang dan menguasai keadaan.

Anda akan merasakan kecemasan berkurang dan memasuki keadaan yang lebih santai. Begitu mulai bernapas dalam-dalam, Anda secara perlahan akan keluar dari kondisi lari atau melawan dan setelah itu Anda menjadi lebih tenang.

2. Yoga membangun dan memperbaiki diri Anda. Melalui yoga, Anda bisa mengenal diri sendiri dan menumbuhkan hubungan tanpa menghakimi diri sendiri. Anda sedang membangun kepercayaan diri. Anda berolahraga lebih banyak dan makan sehat.

Ketika Anda mendapatkan kepercayaan diri yang lebih dan menjadi lebih berorientasi dan memusatkan pada diri sendiri, berarti Anda telah mengembangkan ego sehat yang seimbang. Sehingga Anda tidak perlu membuktikan dan menyembunyikan sesuatu. Anda menjadi lebih berani, punya kemauan yang tinggi. Anda tidak takut menghadapi percakapan sulit.

SELANJUTNYA >>

Baca juga:

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section