1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Yuk Coba, Resep Hits Spicy Topokki Khas Korea

Pada dasarnya topokki terbuat dari bahan tteok atau tepung beras yang kemudian dibentuk gulungan panjang dan dipotong-potong.

By Azalia Amadea 20 September 2016 08:37
Spicy topokki (saturesep.com)

Money.id - Topokki adalah salah satu jajanan tradisional yang populer di Korea. Pada dasarnya topokki terbuat dari bahan tteok atau tepung beras yang kemudian dibentuk gulungan panjang dan dipotong-potong.

Topokki biasa dimakan sebagai pengganti mi atau nasi. Makanan ini akan semakin nikmat dengan tambahan saus pedas dan manis khas Korea. Melansir laman saturesep.com, Selasa 20 September 2016, berikut resep hits Spicy Topokki ala Korea yang wajib dicoba di rumah. 

resep spicy topokki
© 2016 money.id/saturesep.com

Bahan-bahan membuat topokki:

- 300 gram tepung beras
- 3 sdm minyak wijen
- air, secukupnya

Bahan-bahan saus:

- 1 sdm bubuk cabai
- 1 sdm kochujang (tauco cabai)
- 1 siung bawang putih besar, cincang
- 1/4 bawang bombay, cincang
- 1/2 sdm gula pasir
- 3 sdm kaldu daging sapi
- biji wijen, merica, dan minyak wijen secukupnya

Cara membuat topokki:

1. Siapkan wadah, masukan tepung beras dan beri air sedikit demi sedikit. Aduk adonan tepung beras perlahan dengan tangan kemudian saring adonan.
2. Panaskan panci kukusan, kemudian masukan adonan dan kukus hingga matang.
3. Setelah matang, angkat lalu oleskan adonan dengan minyak wijen agar tidak lengket. Selanjutnya, bentuk adonan layaknya gulungan panjang dan potong dengan ukuran sesuai selera. Setelah itu oleskan kembali dengan minyak wijen agar tidak keras.

Cara membuat saus:

1. Panaskan wajan, beri satu sendok makan minyak untuk menumis bawang putih dan juga bawang bombay. Setelah harum, masukan sisa bumbu yang lain kecuali air kaldu sapi, dan tumis hingga matang.
2. Setelah tumisan matang, beri kuah kaldu daging sapi secukupnya.
3. Setelah mendidih masukan topokki yang sudah dipotong-potong dan masak hingga bumbu mengental.
4. Setelah matang, angkat, taburkan biji wijen dan sajikan selagi hangat. Anda juga dapat menambahkan potongan jamur atau wortel ke dalam saus topokki atau bahan pelengkap lain sesuai selera. Selamat mencoba. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section