1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Rahasia Membuat Nasi Goreng Rumahan Senikmat Rasa Restoran

Jenis beras yang cocok untuk nasi goreng adalah beras pulen dan pera.

By Azalia Amadea 28 April 2016 14:31
Ilustrasi sajian nasi goreng (Foto: cookdiary.net)

Money.id - Membuat nasi goreng rumahan memang susah-susah gampang. Jika dilihat sepintas sepertinya membuat nasi goreng mudah, namun ternyata jika salah memasak sajian nasi goreng bisa terasa lengket dan lembek.

"Saya belajar memasak nasi goreng dari hasil pengamatan saya terhadap cara masak para pedagang nasi goreng pinggir jalan. Dari situlah saya tahu bagaimana membuat sajian nasi goreng yang nikmat", kata Doddy Hermawan executive chef Veranda Restoran yang ditemui Money.id di Jakarta, Kamis 28 April 2016.

Jangan khawatir, berikut tips dari chef hotel berbintang 5, Doddy Hermawan, untuk membuat sajian nasi goreng rumahan Anda menjadi senikmat nasi goreng di restoran.

1. Tingkat kematangan bumbu
Saat menumis bumbu nasi goreng pastikan bumbu matang terlebih dahulu sebelum memasukkan nasi. Cara memastikan bumbu sudah matang adalah jika bahan bumbu dan minyak terpisah berarti bumbu sudah matang. Sebaliknya, jika bumbu dan minyak masih terlihat menyatu berarti bumbu masih mentah.

2. Jangan angkat teflon dari api
Pastikan saat memasak nasi goreng teflon atau wajan selalu berada di atas api, cara tersebut dapat menambah cita rasa nasi goreng. Api yang baik untuk nasi goreng adalah api sedang namun, saat sedang menumis bumbu pastikan menggunakan api kecil agar bumbu tidak gosong.

3. Gunakan beras pulen pera
Jenis beras yang cocok untuk nasi goreng adalah beras pulen dan pera. Jangan menggunakan beras yang terlalu lembek atau yang terlalu keras. Beras pulen dan pera dapat membuat sajian nasi goreng menjadi tidak lembek dan lengket.

4. Gunakan nasi dingin
Saat ingin memasukan nasi pastikan nasi sudah dingin. Jika menggunakan nasi baru matang dan masih panas, sajian nasi goreng akan menjadi lembek dan lengket.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section