1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ternyata Ini Rahasia Bikin Gudeg Nikmat

Memasak gudeg membutuhkan teknik yang tepat agar sajian terasa nikmat dan dapat mengeluarkan aroma khasnya.

By Azalia Amadea 24 Maret 2016 13:33
Ilustrasi sajian gudeg komplit (Foto: wikipedia.org)

Money.id - Gudeg adalah makanan berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan waktu yang lama. Gudeng telah menjadi kuliner khas Yogyakarta dan sekitaran Jawa Tengah yang bercita rasa manis dan gurih.

Umumnya gudeg dimakan dengan nasi dan dilengkapi dengan lauk-pauk seperti opor ayam, krecek kulit sapi, telur pindang dan kuah santan (areh).

Di Indonesia ada beberapa jenis gudeg seperti gudeg basah dengan kuah areh kental, gudeg kering dengan kuah areh encer, serta gudeg Solo dengan kuah areh putih.

Memasak gudeg membutuhkan teknik yang tepat agar sajian terasa nikmat dan dapat mengeluarkan aroma khasnya. Berikut tips dan trik memasak gudeg khas Yogyakarta agar terasa nikmat.

1. "Usahakan memasak gudeg tidak menggunakan kompor namun gunakan arang atau kayu bakar. Cara masak dengan menggunakan arang atau kayu bakar tersebut dapat menghasilkan aroma yang khas dari gudeg," kata Haris Nugroho penerus usaha Rumah Makan Gudeg Bu Tjitro yang ditemui Money.id di Jakarta, Rabu 23 Maret 2016.

2. Jarak arang dengan wadah memasak gudeg tidak boleh terlalu jauh yaitu hanya sekitar 10 cm. Umumnya memasak gudeg menggunakan kendil yang terbuat dari tanah liat. Kendil juga dapat membuat aroma gudeg semakin nikmat.

3. Lamanya waktu memasak gudeg juga harus diperhatikan. Untuk menghasilkan warna cokelat yang alami dari gudeg membutuhkan waktu memasak minimal enam jam.

Namun jika ingin praktis, biasanya para pedagang gudeg juga menambahkan daun jati saat memasak. Daun jati dapat mempercepat proses nangka berubah menjadi kecokelatan.

4. Gunakan bahan gudeg yang tepat. Umumnya gudeg dibuat dari bahan nangka yang masih muda. Jika ingin nangka cepat empuk, Anda juga dapat menggunakan panci presto.

Memasak gudeg memanglah susah-gampang, tak semua orang dapat membuatnya. Apalagi jika ingin membuat gudeg yang benar-benar bercita rasa khas Yogyakarta.

Membutuhkan cara memasak tradisional dan waktu yang lama untuk menghasilkan sajian gudeg dengan aroma khas Jawa. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section