1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Terkuak, Ternyata Ini Resep Rahasia KFC Sejak 1936

Lantas, apa saja bumbu-bumbu rahasia tersebut? Berikut catatan bumbu-bumbu yang digunakan.

By Azalia Amadea 10 September 2016 08:15
Ayam KFC (independent.co.uk)

Money.id - Seperti diketahui, jaringan restoran cepat saji KFC selalu menutup rapat resep mereka selama 80 tahun. Namun beberapa hari lalu dunia maya dihebohkan dengan kemunculan catatan daftar bumbu rahasia ayam goreng paling digemari di seluruh dunia itu.

Wartawan The Chicago Tribune, Jay Jones, sedang mengadakan sebuah wawancara dengan Joe Ledington, keponakan Kolonel Sanders. Dalam wawancara itu, Ledington dengan santai menyerahkan sebuah catatan keluarga tua yang berisi daftar sebelas bumbu dan rempah-rempah, mengutip laman foodbeast.com, Sabtu 10 September 2016.

Mengapa keponakan Kolonel Sanders itu berani memperlihatkan salah satu resep rahasia tersebut? Jones mengatakan, ketika Ledington dengan bersemangat memperlihatkan kepadanya foto keluarga tua dan menceritakan cerita tentang pamannya, tanpa sengaja dia melihat catatan tulisan tangan tentang daftar sebelas bumbu dan rempah-rempah.

Ketika Jones bertanya apakah catatan itu adalah 11 bumbu dan rempah-rempah rahasia yang sangat dirahasiakan selama hampir satu abad, Ledington tidak segera mengkonfirmasi. Yang menggelikan, Ledington malah bercerita ketika masih kecil dia sering membantu menggerus bumbu-bumbu tersebut di garasi pamannya. 

Resep rahasia KFC
© 2016 money.id/foodbeast.com

Lantas, apa saja bumbu-bumbu rahasia tersebut? Berikut catatan bumbu-bumbu yang digunakan.

1. 2/3 sdt garam

2. 1/2 sdt thyme

3. 1,2 sdt basil

4. 1/2 sdt oregano

5. 1 sdt garam seledri (celery salt)

6. 1 sdt lada hitam

7. 1 sdt mustard kering

8. 4 sdt paprika bubuk

9. 2 sdt garam bawang putih (garlic salt)

10. 1 sdt jahe bubuk

11. 3 sdt lada putih

Kemudian semua bumbu-bumbu tersebt dicampur dengan dua cangkir tepung. Hingga saat ini, KFC tidak bersedia mengkonfirmasi jika itu adalah resep asli. Mereka hanya memberikan jawaban, "Tetapi ini bukan sembarang pria, atau bintang YouTube, ini benar-benar keponakan Kolonel."

The Tribune kemudian mencoba resep berdasarkan daftar bumbu-bumbu tersebut dan mengatakan memang hasilnya sama seperti di KFC.

"Daftar tersebut memang resep yang dirahasiakan. Itu berasal dari keluarga Kolonel Sanders. KFC mungkin tidak akan mengakuinya, tetapi ini telah terungkap dan dunia sekarang tahu bagaimana ayam goreng mereka dibuat," tulis The Chicago Tribune. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section