1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KOREA

Samyang Naik Daun di Indonesia, Halal atau Tidak?

Banyak pihak meragukan kehalalan mi instan asal Negeri Ginseng ini.

By Dwifantya Aquina 27 November 2016 11:15
Samyang challange yang dilakukan oleh Youtuber (Youtube)

Money.id - Budaya Korea Selatan memang tengah 'menginvasi' anak muda tanah air beberapa tahun belakangan. Bukan hanya musik K-Pop dan film dramanya, kuliner khas Negeri Ginseng itu juga mendadak hits di Indonesia.

Sejumlah restoran yang menyediakan menu Korea hadir di kota-kota besar. Termasuk makanan siap saji yang tengah populer saat ini, Samyang.

Samyang adalah salah satu merek mi instan terkenal di Korea. Salah satu hal yang membuat makanan ini dengan cepat populer di tanah air adalah karena rasa dari mi ini yang sangat pedas. Kepopuleran Samyang sendiri bermula dari para Youtuber dan Vloger yang melakukan 'Samyang Challenge' di media sosial.

Namun, seiring dengan tren Samyang di tanah air, ada sebuah pro kontra yang mengintai makanan rasa ayam pedas ini. Karena merupakan makanan impor dari Korea, halal atau tidaknya makanan ini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah Muslim.

Komposisi Samyang
© 2016 money.id/Kapanlagi.com

 

Dikutip dari Kapanlagi.com, jika dilihat dari komposisinya, Samyang memang memiliki kandungan lemak babi meskipun mi ini sebetulnya memiliki rasa ayam. Hal inilah yang membuat banyak orang meragukan kehalalan makanan ini. Terlebih, tulisan kompisisi yang didominasi Hangul (tulisan Korea) membuat orang semakin sulit membaca kandungan mi tersebut.

Meski kehalalan dari Samyang masih diperdebatkan, sebenarnya perusahaan yang mengeluarkannya, Samyang Food Co. Ltd, telah merilis produk yang sama namun tanpa lemak babi dan telah diberi segel halal dari Korea Muslim Federation. Selain berbeda dari segi bahan bakunya, pabrik untuk membuat Samyang berlabel halal juga dilakukan terpisah, yaitu di pabrik di kawasan Wonju.

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section