1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Resep: Renyahnya Kreasi Kattetongen Van Java untuk Lebaran

Coba yuk, buat kreasi resep lidah kucing cokelat (Katetongen Van Java) untuk sajian lebaran.

By Azalia Amadea 2 Juli 2016 18:37
Lidah kucing cokelat (cookpad.com)

Money.id - Kue lidah kucing punya rasanya manis dan renyah. Dalam bahasa Belanda kue itu disebut 'kattetongen' dan kian populer menjadi salah satu kue khas Lebaran yang tak pernah absen di meja tamu. Jadi sudah siap coba bikin kue lidah kucing sendiri?

Namun sebelum membuatnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar kue menjadi renyah. Melansir laman Bogasari.com, Minggu 3 Juli 2016, berikut kreasi resep Kattetongen Van Java yang tentunya nikmat, renyah dan pas untuk sajian kue lebaran Anda di rumah. 

Ilustrasi Katetongen Van Java/bagusbenar.com

Bahan-bahan:
- 100 gr tepung terigu
- 100 gr mentega
- 125 gr palm sugar (gula palem)
- 2 butir telur
- 1/4 sdt vanili

Cara membuatnya:
1. Pisahkan kuning dengan putih telur. Siapkan wadah untuk mengocok mentega, gula palem, vanili dan kuning telur, aduk hingga rata.
2. Tambahkan adonan dengan tepung terigu sedikit demi sedikit, kemudian tambahkan sisa putih telur. Aduk hingga rata, sisihkan.
3. Oleskan mentega pada cetakan loyang lidah kucing hingga rata, kemudian taburi loyang dengan tepung terigu. Cara ini dapat membuat kue lidah kucing lebih renyah dan tidak lengket. Selanjutnya cetak adonan di loyang.
4. Panggang adonan dalam oven bersuhu 160 c, jika sudah matang, angkat dan dinginkan.
5. Ambil satu buah lidah kucing beri olesan selai cokelat, dan tutup dengan lidah kucing lainnya hingga nampak seperti sandwich. Lakukan hingga lidah kucing habis.
6. Hiasi dengan pasta cokelat putih atau sesuai selera. Sajikan Kattetongen Van Java saat lebaran, selamat mencoba. (els)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section