1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Menjamurnya Bisnis Kedai Kopi Premium Asal Amerika di Indonesia

Di Citos, lokasi Caribou Coffee berdekatan dengan pemain bisnis kedai kopi besar lainnya asal Amerika.

By Azalia Amadea 19 Mei 2016 17:46
Caribou Coffee, Citos (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Meminum kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, tak terkecuali di Indonesia. Konsumen pencinta kopi semakin bertambah seiring dengan pertumbuhan bisnis kedai kopi di Indonesia.

Tak heran jika hampir setiap tahunnya bermunculan kedai kopi baru yang berlomba-lomba menyajikan kopi dengan kualitas premium milik mereka.

Caribou Coffee mengklaim dirinya sebagai kedai kopi kedua terbesar di Amerika Serikat. Kedai ini baru saja buka di Indonesia pada Desember 2015 lalu.

Seolah tak takut dengan pesaing nomor satu kedai kopi asal Amerika yang sudah terlebih dahulu eksis di Indonesia, Caribou Coffee berkembang begitu cepat--mereka kini sudah memiliki tiga gerai di Jakarta dan Bandung.

Mehdi Zaidi, Chief Operating Officer Mahadaya Group-selaku pengelola Caribou Coffee mengatakan, "Pertumbuhan bisnis Caribou Coffee Indonesia setiap bulannya semakin berkembang hal ini dibuktikan dengan kami sudah punya tiga gerai di Indonesia dalam waktu 6 bulan saja. Antusias besar sudah kami lihat pada gerai pertama kami di Senopati yang selalu penuh," ujar Mehdi saat pembukaan gerai ketiga Caribou Coffee di Cilandak Town Square, Jakarta, Kamis 19 Mei 2016.

Gerai pertama Caribou Coffee berada di Senopati, Jakarta Selatan. Disusul tiga bulan kemudian mereka membuka gerai kedua di Paris van Java, Bandung dan kini di Cilandak Town Square.

Turtle Mocha dan Camfire Mocha/Money.id Azalia Amadea

Mehdi menjelaskan bahwa dalam memilih lokasi-lokasi gerai--kedai kopi yang sudah ada sejak 1992 di Amerika tersebut tidaklah sembarangan. Target market Caribou Coffee begitu luas, mulai dari keluarga, pekerja kantoran dan anak muda.

"Kami memilih Citos karena Citos begitu identik dengan lingkungan komunitas-komunitas di Jakarta. Contohnya pada hari weekdays banyak orang kantoran di sekitar Citos yang datang sedangkan untuk weekend banyak keluarga dan anak muda yang hangout di sini," ucap Mehdi.

Pembukaan gerai baru ini diharapkan dapat lebih meningkatkan omzet Caribou Coffee di Indonesia. Sejauh ini sekitar 2 persen omzet Caribou Coffee didapat melalui penjualan premium kopi mereka yaitu Sumatran dan Caribou Blend Coffee. Kopi-kopi di Caribou berasal dari Asia Pasifik termasuk Indonesia, American Coffee dan African Coffee.

Di Citos, lokasi Caribou Coffee berdekatan dengan pemain bisnis kedai kopi besar lainnya asal Amerika. "Kami tidak menganggap kedai kopi lainnya sebagai pesaing, kami menganggap mereka sebagai teman. Di industri kopi tidak ada yang namanya persaingan, kami melayani sesuai ciri khas masing-masing," ucap Rheina Ariestia, Public Relation Caribou Coffee.

Di Indonesia, Caribou Coffee beroperasi di bawah manajemen Mahadaya Group yang juga menaungi restoran waralaba lainnya seperti Carl's Jr. dan Wingstop. Saat ini, Caribou Coffee sudah memiliki 220 gerai waralaba Internasional di 12 negara.

Ke depannya kedai berkonsep kasual ini akan menambah gerai mereka di Indonesia, namun Mehdi tidak dapat memastikan kapan dan di mana kedai baru Caribou Coffee tersebut akan dibuka. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section