1. HOME
    2. FOODILICIOUS
FOOD

Mengulik Asal-usul Martabak Bangka dan Bandung

Berdasarkan riset berikut penjelasan mengenai asal-usul dan perbedaan martabak Bangka serta martabak Bandung.

By Azalia Amadea 30 Mei 2016 16:50
Martabak manis (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Siapa yang tak mengenal legitnya martabak manis? Martabak memiliki dua jenis varian yaitu martabak asin (telur) dan martabak manis (terang bulan). Camilan berbahan dasar tepung dan telur ini sangat populer di Indonesia. Terutama untuk sajian martabak manis, di Indonesia martabak manis disajikan dengan berbagai pilihan topping.

Selain jenisnya yang bervariasi, martabak juga berasal dari dua tempat yang berbeda yaitu Bangka dan Bandung. Hal ini juga yang membuat asal martabak banyak diperdebatkan orang. Banyak yang menyebutkan bahwa martabak asli berasal dari Bangka, namun tak sedikit juga yang mengatakan martabak asli berasal dari Bandung. Berdasarkan riset berikut penjelasan mengenai asal-usul dan perbedaan martabak Bangka serta martabak Bandung.

Martabak Bangka 

Sajian Martabak Bangka/bangmartabak.com

Martabak manis atau yang nama aslinya Hok Lo Pan adalah panganan khas Bangka Belitung. Martabak ini pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Maka dari itu martabak dinamai dengan sebutan Hok Lo Pan yang berarti Kue Orang Hok Lo.

Martabak bangka pertama kali hanya berupa kue martabak yang diberi taburan gula pasir dan wijen saja. Namun kini martabak manis Bangka dapat disajikan dengan pilihan topping seperti keju, kacang atau cokelat.

Berbeda dengan martabak Bandung, martabak Bangka kulitnya lebih tebal. Sehingga pori-pori martabaknya pun lebih besar. Selain martabak manis, martabak Bangka juga populer dengan martabak telurnya. Martabak telur diadaptasi dari sajian martabak khas Timur Tengah. Dalam bahasa Arab martabak berarti 'terlipat' maka dari itu adonan martabak telur dibuat dengan banyak lipatan.

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section