1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Mengulik Asal Usul Ketupat Khas Hari Raya Idul Fitri

Ternyata makanan berbentuk persegi ini diperkenalkan seiring dengan...

By Azalia Amadea 30 Juni 2016 09:22
Ketupat (helloholydays.com)

Money.id - Ketupat menjadi ikon perayaan Idul Fitri Tanah Air dan hampir setiap rumah menyediakan sajian tersebut, serta lauk-lauk khas Lebaran. Tapi sudah tahukah Anda soal asal usul ketupat di momen spesial itu? 

Berdasarkan riset, Kamis 30 Juni 2016, ternyata makanan berbentuk persegi ini diperkenalkan seiring masuknya agama Islam ke tanah Jawa. Orang pertama yang memperkenalkannya diketahui adalah Sunan Kalijaga. 

Dalam tradisi yang diperkenalkannya, dia membagi dua waktu Lebaran menjadi Bakda Lebaran (Lebaran Idul Fitri) dan Bakda Kupat (Lebaran Ketupat).

Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah perayaan Idul Fitri dilaksanakan. Saat itu, kebanyakan masyarakat Jawa sibuk membuat anyaman ketupat yang hampir dilakukan disetiap rumahnya.

Anyaman ketupat terbuat dari daun kelapa muda, kemudian diisi dengan beras. Bahan itu nantinya dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Setelah matang, ketupat beserta lauk pendampingnya dihantarkan ke rumah tetangga atau kerabat keluarga.

Tradisi ini dilakukan sebagai tanda kebersamaan dan menjalin ikatan tali silaturahmi. Selain itu, ketupat juga memiliki makna tertentu. Misalnya terlihat dari rumitnya pembuatan ketupat yang melambangkan manusia. Dalam menjalankan kehidupannya, manusia kerap menemui banyak masalah.

Selanjutnya, isi ketupat yang berupa nasi putih mencerminkan kebersihan dan kesucian. Sementara bila dilihat dari bentuknya yang rapih dan menarik, melambangkan kemenangan umat muslim saat perayaan Idul Fitri.

Terlepas dari makna tersebut, sampai saat ini memang belum diketahui pasti kapan tepatnya ketupat menjadi sajian khas lebaran. Namun, ketupat menjadi panganan khas tanah air yang patut dilestarikan sebagai tradisi saat lebaran tiba. (els)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section