1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Mengintip Sejarah Si Bulat 'Serabi' Khas Jawa Barat

Ada pula yang menyebut serabi Indonesia terpengaruh oleh budaya panekuk asal Belanda.

By Azalia Amadea 17 Mei 2016 16:51
Serabi kinca (Flickr.com)

Money.id - Siapa yang tidak tahu kue serabi? Camilan berbentuk bulat ini sudah populer sebagai kuliner khas Jawa Barat--meski serabi tidak hanya berasal dari Jawa Barat saja.

Contohnya saja serabi Solo yang terbuat dari tepung beras dicampur santan dan dimasak di atas arang. Namun kenyataanya memang serabi Bandung-lah yang paling populer dan sudah menjadi warisan kuliner khas Kota Kembang tersebut.

Dikutip dalam laman indonesiakaya.com Selasa 17 Mei 2016, belum ada yang dapat memastikan bagaimana sejarah kue yang mirip martabak mini ini. Hanya saja bila melihat dari asal usul, kata 'serabi' berasal dari bahasa Sunda "sura", berarti besar. Oleh karena itu, di Bandung banyak yang menyebutnya surabi.

Sementara itu , dalam bahasa Jawa, serabi disebut dengan nama surobi. Ada yang menyebutkan asal serabi dari India dan ada pula yang menyebut serabi Indonesia terpengaruh oleh budaya panekuk asal Belanda.

Tak sedikit juga yang menganggap serabi merupakan pancake-nya orang Indonesia. Banyak macam serabi di Indonesia seperti Serabi Solo, Serabi Jakarta, Serabi Bandung, Serabi Mataram dan Serabi Modern.

Cara memasak serabi juga terbilang unik dan masih sangat tradisional. Dengan menggunakan tungku serta wadah tanah liat adonan serabi dimasak di atas arang. cara memasak ini dapat membuat bagian bawah serabi terasa renyah dan wangi, serta bagian dalamnya empuk.

Umumnya serabi dimakan dengan kuah santan atau kuah kinca. Tetapi di zaman serba modern ini serabi juga sudah dimodernisasi dengan tambahan topping. Serabi dapat ditambahkan dengan topping seperti keju, cokelat, stroberi, durian, sosis, telur bahkan irisan daging ayam

Harga serabi di Bandung juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp8 ribuan per porsinya. Di Bandung terdapat satu jalan yang khusus menjual serabi tepatnya di Jalan Setiabudi.

Di sana Anda dapat menyantap serabi di beberapa tempat seperti Warung Surabi Enhai dan Warung Surabi Setiabudi. Kepopuleran serabi membuat banyak orang tertarik membuka usaha warung serabi. Tak terkecuali di Jakarta yang kini banyak terdapat warung serabi. (poy)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section