1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Siapa Kakek di Logo KFC?

Pada 1991, nama Kentucky Fried Chicken tak lagi digunakan, tetapi disingkat menjadi KFC.

By Dian Ardiahanni 4 November 2015 08:07
Logo KFC (famouslogos.net)

Money.id - Perkembangan bisnis Kentucky Fried Chicken (KFC) tidak hanya berasal dari kelezatan ayamnya saja. Di balik itu, ada pula bentuk promosi lewat logo yang sekilas mirip kakek kita.

Ya, wajah sang kolonel yang bernama Harland David Sanders, seorang pengusaha asal Amerika Serikat. Pria yang ikut menemukan KFC itu lahir pada 9 September 1890 dan meninggal pada 16 Desember 1980.

Namun, sebelum menemukan KFC, Sanders berkali-kali ganti profesi, mulai dari agen asuransi hingga petugas di stasiun pengisian bahan bakar. Dia baru mulai aktif di bisnis ayam gorengnya saat sudah lanjut, 65 tahun!

 

Foto: Harland David Sanders/logomaker.com

Raut senyum khasnya yang terdapat dalam logo KFC mungkin adalah simbol paling mengesankan dalam industri makanan.

Logo KFC pun sebenarnya telah dirombak beberapa kali. Untuk pertama kalinya wajah kolonel diperkenalkan kepada publik pada 1952. Kemudian perusahaan mendesain ulang pada 1978, dengan sedikit perubahan, penempatan, dan jenis hurufnya.

Baru pada 1991, nama Kentucky Fried Chicken tak lagi digunakan, tetapi disingkat menjadi KFC. Ini merupakan upaya untuk menggambarkan bahwa KFC adalah pilihan makanan yang menyehatkan. Dan pada 1997, kembali lambang perusahaan itu disederhanakan lagi.

Hingga akhirnya pada April 2007, gambar kolonel mengenakan celemek masak merah dan berjas putih diresmikan menjadi logo KFC yang terbaru. Model logo itu didesain oleh perusahaan yang bermarkas di San Fransisco, yaitu Tesser.

Walaupun terlihat berbeda, beberapa elemen seperti dasi kupu-kupu hitam, kacamata dan jenggot tetap menghias logo tersebut. Selain itu, mimik wajah kolonel pun dimodifikasi sehingga terlihat lebih ramah.

Secara umum KFC memiliki makna logo yang mendalam. Dimana mereka ingin membangun citra yang dekat dengan konsumen.

Salah satu merek dagang ternama dari Amerika ini berbasis di Louisville, Kentucky ini, dilansir dari laman resmi KFC, Selasa 3 November 2015, kini telah memiliki lebih dari 18 ribu gerai restoran cepat saji yang terletak di 115 negara. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section