1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Kebahagiaan dalam Semangkuk Smoothie Bowl di Kafe Snctry

Pola hidup sehat kini telah menjadi gaya hidup kekinian yang dijalani masyarakat di kota-kota besar.

By Azalia Amadea 5 April 2016 19:15
Salah satu menu yang disajikan Snctry (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Menjalani pola hidup sehat kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat menengah ke atas di kota-kota besar. Banyak orang sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan kaya akan nutrisi.

Di Jakarta sendiri terdapat satu kafe unik yang khusus menyajikan menu sehat. Salah satunya "Snctry" yang merupakan singkatan dari 'Sanctuary' yang berarti tempat kebahagiaan.

Amina Qonita adalah pemilik dari kafe berkonsep health bar tersebut. Wanita berusia 28 tahun tersebut membuka usaha kulinernya mulai Mei 2015 lalu.

Berjalan 11 bulan Qonita--begitu ia biasa disapa-- tak menyangka bahwa sudah banyak orang-orang bahkan anak muda usia 18-25 tahun yang mulai peduli dengan kesehatan.

"Awalnya aku membuka usaha ini karena aku memang menjalani pola hidup sehat. Aku senang memasak terutama memasak makanan-makanan sehat, favoritku adalah salad," kata Amina Qonita pemilik Snctry yang ditemui Money.id di Jakarta, Selasa 5 April 2016.

Kafe yang terletak di Jalan Dharmawangsa Raya nomor 4, Jakarta Selatan tersebut memang berkapasitas sedikit. Hanya terdapat kurang lebih 15 kursi namun, Snctry berada di area food court yang pelanggannya juga dapat duduk di area lainnya.

Desain interior kafe ini juga sangat 'instagramable', terdapat tembok memanjang dengan gambar unik yang cocok untuk berfoto. Di dekat tembok tersebut juga terdapat bar kecil dengan empat kursi tinggi sehingga Anda dapat duduk di luar sambil menyantap semangkuk smoothie bowl.

Harga semangkuk smoothie bowl bervariasi mulai dari Rp30 ribu-Rp65 ribu. Favorit menu smoothie bowl di Snctry adalah super bowl 'Coconut Breeze' yaitu smoothie dengan campuran buah naga, nanas, pisang dan air kelapa seharga Rp50 ribu.

Semangkuk smoothie tersebut bercita rasa manis dan segar, ditambah lagi dengan potongan buah pisang, stroberi, taburan granola dan kelapa kering menambah sensasi renyah saat memakannya.

Tak hanya itu, Snctry juga menyajikan makanan lain seperti aneka salad dan jus buah-buahan. Uniknya terdapat jus buah yang proses pembuatannya berbeda dengan jus buah pada umumnya.

Cold press juice adalah jus buah-buahan yang prosesnya dengan menggunakan alat juicer dingin. Suhu dingin tersebut dapat menjaga kandungan nutrisi dan vitamin dari buah aslinya, sehingga saat kita meminum jus tersebut rasanya seperti sedang memakan buah utuh.

Menu cold press juice favorit di Snctry adalah 'Digestive Aid' yaitu campuran jus buah yang terdiri dari jambu, nanas, mint, dan belimbing. Satu botol 'Digestive Aid' seharga Rp45 ribu untuk ukuran 250 ml dan Rp80 ribu untuk ukuran 500 ml.

Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan organik hasil kebun Snctry sendiri. Kebun tersebut terletak di kawasan Cisarua, Puncak, Bogor.

Namun, Qonita tak menampik ia masih menggunakan bahan import seperti granola, chia, flex seed dan lain sebagainya. Persentase penggunaan bahan impor sekitar 5 persen dan 95 persen bahan lokal.

Target market dari kafe tersebut adalah mereka-mereka yang senang mengonsumsi makanan sehat. Seperti bagi mereka yang sehabis latihan dari gym atau mereka yang sedang menjalani diet.

Sejauh ini, Qonita mengaku tidak terlalu gencar mempromosikan kafenya tersebut. Ia hanya mempromosikan melalui instagram dan sisanya dari mulut ke mulut.

Qonita berharap, usahanya tersebut dapat sukses dan maju. Sehingga ia juga dapat membuka cabang lainnya yang sejauh ini masih ditargetkan di Jakarta.

Qonita juga ingin terus mengkampanyekan pola hidup sehat, agar orang lain terinspirasi untuk memakan makanan sehat.

Snctry buka pada hari Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB dan hari Sabtu-Minggu pukul 08.00-19.00 WIB.

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section