1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Jakarta Foodtruck, Mobil Toko Makanan Pertama di Jakarta

Jakarta Foodtruck adalah mobil toko pertama di Jakarta yang menjual makanan yang dimasak secara langsung di dalam truk.

By Dian Rosalina 8 Januari 2016 14:04
Mobil Jakarta Foodtruck (Jakarta foodtruck)

Money.id - Foodtruck adalah salah satu inovasi bidang kuliner yang dilakukan oleh banyak orang di beberapa belahan dunia, misalnya saja di Amerika Serikat.

Tren tersebut lama kelamaan masuk ke Indonesia dan dilihat sebagai peluang usaha. Salah satunya adalah Jakarta Foodtruck.

Jakarta Foodtruck adalah mobil toko pertama di Jakarta yang menjual makanan yang dimasak secara langsung di dalam truk.

Pemilik Jakarta Foodtruck, Anglia G Auwiness mencoba peruntungan usaha tersebut sekitar tahun 2013 lalu.

"Waktu itu saya berpikir kalau sewa tempat seperti di mal itu mahal. Harus pakai dolar bayarnya. Kebetulan saya pernah sekolah di Amerika. Melihat foodtruck sedang tren di sana, kenapa tidak membawanya ke Jakarta saja," kata Anggi sapaan dekat Anglia ketika di wawancarai Money.id, Jumat 8 Januari 2016.

Pada awal kemunculan Jakarta Foodtruck, banyak masyarakat bertanya apa itu foodtruck dan mereka menganggapnya sebuah tren bisnis baru yang belum pernah ada. Ia membuka mobil tokonya pertama kali di Jalan Benda, Kemang, Jakarta Selatan.

"Pertama kali saya buka itu di bulan November 2013. Dan setiap hari pengunjungnya ramai sekali. Tetapi kita 'mangkal' tidak terlalu lama sih, akhir tahun 2013 kita sudah tidak di situ lagi. Lebih banyak job meminta Jakarta Foodtruck masuk event pentas seni sekolah," ujarnya.

Selama ia membangun bisnisnya, banyak pengalaman-pengalaman unik menghadapi para pelanggannya.

Karena mobil Jakarta Foodtruck sering berpindah-pindah, para pelanggan harus rela mencari mereka di lokasi yang telah ditentukan.

"Waktu itu ada pelanggan dari luar daerah. Saking ngidam-nya mau beli makanan kami, dia minta dikirim via JNE. Tetapi sayangnya kami tidak bisa memenuhi permintaan delivery. Akhirnya kerabat dari pelanggan tersebut yang datang," cerita Anggi sambil tertawa.

Wanita yang pernah bersekolah di Amerika mengambil jurusan memasak ini, memiliki keunggulan dalam produk makanannya. Menu yang ada pun ia buat dengan resep sendiri dan lebih ke menu western.

Meski harus memasak di dalam truk, makanan yang disajikan oleh Jakarta Foodtruck memang tidak kalah dengan makanan yang ada di restoran western lainnya.

Menu andalan Jakarta Foodtruck adalah smokey ribs yaitu iga bakar dan Oreo fritter.

(Oreo fritter/Jakarta foodtruck)

Tidak hanya itu, mobil toko tersebut menjual berbagai makanan mulai dari yang berat hingga yang ringan. Seperti nasi pattaya, nasi lemak, hotdog, chili dog, soft banned chicken dan spaghetti bolognese.

Sedangkan makanan ringannya mereka menyajikan mozzarella melt, sloppy joe's, dan beef roll. Untuk minumannya, Jakarta Foodtruck menyajikan soft drink, mineral water, infused water, Taro, dan matcha.

(Smokey Ribs/Jakarta foodtruck)

"Kalau mau tahu kita sedang berhenti di mana, cek Instagram atau Twitter Jakarta Foodtruck. Tetapi biasanya sih kami suka berhenti di Mahakam, Jakarta Selatan," kata dia.

Jakarta Foodtruck
Jalan Mahakam, Depan Loop.
Jam Operasional: (kamis & Jumat) 11.00-20.00 *jika tidak ada event*
Harga Makananan : Rp25 ribu-Rp95 ribu
Harga Minuman : Rp7 ribu-Rp15 ribu

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section