1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Tips Praktis Membuat Telur Asin di Rumah

Telur asin bisa dibuat sendiri di rumah, lho.

By Azalia Amadea 31 Januari 2016 07:12
Ilustrasi telur asin rumahan nikmat (Foto: youtube.com)

Money.id - Tak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membuat telur asin. Kebanyakan dari mereka hanyalah membeli langsung digerai-gerai telur asin.

Namun terkadang telur asin yang didapat tidak sesuai dengan keinginan. Biasanya mereka mengeluhkan rasa telur asin yang kurang nikmat, atau bagian kuning telur yang kurang berminyak.

Memang telur asin yang nikmat adalah yang memiliki bagian kuning yang hingga seperti mengeluarkan minyak. Dilansir dalam laman cookpad.com Sabtu 30 Januari 2016, berikut pengalaman seorang wanita dengan nama akun "Mrs.Primpuna" ia membagikan pengalamannya dalam membuat telur asin sendiri.

"Karena di Jerman sulit sekali mencari telur asin, akhirnya coba-coba membuat sendiri dari telur ayam. Supaya warnanya mirip telur asin Indonesia, waktu direndam diberi pewarna makanan. Membuatnya mudah sekali, hanya waktu perendamanya yang agak lama yaitu 2- 3 minggu. Tapi puas sekali setelah hasilnya jadi. Untuk yang juga tinggal di luar negeri semoga bermanfaat ya :)" tulisnya dalam halaman resep yang ia bagikan.

Anda juga dapat membuat telur asin sendiri di rumah lho. Coba intip resep membuat telor asin sendiri di rumah berikut ini.

Bahan-bahan:
- 20 butir telur ayam
- 1 kg garam
- 2 liter air hangat
- 4 tetes pewarna makanan, biru (tidak harus)

Cara membuatnya cukup mudah, masukan air hangat dalam toples besar lalu tuangkan garam aduk hingga garam benar-benar larut lalu dinginkan. Langkah kedua taruh perlahan satu demi satu telur, lalu tutup toples rapat-rapat.

Diamkan telur kurang lebih 2-3 minggu, jika Anda menginginkan telur kuning yang hingga berminyak maka diamkan telur lebih lama lagi.

Tipsnya satu minggu sekali coba untuk meubah-ubah posisi telur, agar rasa asinnya merata. Setelah didiamkan rebus telur selama 25-30 menit, angkat lalu dinginkan. Telur asin ala rumahan siap dimakan.  (dhi)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section