1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Intip Tips Memasak Ayam Panggang Agar Matang Sempurna

Jika Anda memanggang ayam dalam keadaan utuh sebaiknya, taruh ayam dengan posisi dada di bagian bawah pada awal pemanggangan.

By Azalia Amadea 1 April 2016 15:45
Ilustrasi sajian ayam panggang (Simplyrecipes.com)

Money.id - Ayam panggang berbeda dengan sajian ayam goreng maupun ayam bakar. Proses memasak ayam panggang menggunakan oven atau panggangan.

Sajian ayam panggang menjadi istimewa karena rasa renyah pada kulit luar dan empuk pada bagian daging dalamnya.

Daging ayam yang diproses melalui dipanggang juga menghasilkan daging yang juicy. Namun terkadang dalam memanggang ayam mungkin Anda menemui kesulitan akibat daging ayamnya yang tidak matang merata.

Bisa jadi kulit ayam sudah matang cenderung gosong namun dagingnya belum matang ataupun sebaliknya. Dilansir dalam laman bimoli.com Jumat 1 April 2016 berikut tips memanggang ayam agar matang sempurna dan kulitnya terasa renyah.

1. Sebelum mengolah ayam pastikan ayam telah bersuhu ruangan. Jika ayam yang dipergunakan sebelumnya disimpan dalam freezer keluarkan terlebih dahulu agar tidak beku. Biasanya ayam tersebut agar sesuai dengan suhu ruangan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Jika ayam dalam keadaan dingin lalu dipanggang maka yang terjadi hasilnya tidak akan matang merata.

2. Agar kulit ayam panggang renyah, keringkan terlebih dahulu kulit ayam dengan tisue sebelum dibumbui. Selanjutnya olesi seluruh permukaan kulit dengan mentega tawar yang telah dilelehkan sebelumnya.

3. Selipkan mentega, irisan bawang putih, bawang merah, perasan jeruk lemon, serta rempah lainnya di bawah kulit ayam. Anda juga dapat menambahkan irisan bumbu dan rempah tersebut ke dalam badan ayam. Bumbu tersebut dapat membuat sajian ayam panggang semakin kaya cita rasa. Jangan lupa juga untuk menambahkan taburan garam dan lada bubuk.

4. Jika Anda memanggang ayam dalam keadaan utuh sebaiknya taruh ayam dengan posisi dada dibagian bawah pada awal pemanggangan. Di tengah durasi, balik ayam dan diamkan hingga ayam matang. Proses pemanggangan tersebut membuat ayam tetap lembab dan tidak kering.

5. Selama pemanggangan, tutupi ayam dengan kertas aluminium, sehingga kelembaban pada daging ayam tetap terjaga. Setelah ayam hampir matang, buka kertas aluminium dan panggang ayam hingga matang dan kulitnya menjadi renyah serta berwarna keemasan.

6. Ukurlah suhu dalam bagian ayam menggunakan termometer daging. Apabila suhu ayam telah mencapai sekitar 75°C, maka ayam telah matang. Atau dengan cara lain yaitu miringkan daging ayam dan cairan dari daging akan keluar. Jika cairan daging masih berwarna merah tandanya ayam belum matang, namun sebaliknya jika cairan ayam bening maka ayam telah matang.

7. Setelah ayam matang keluarkan dari oven dan diamkan ayam sekitar 15 menit. Hal tersebut dilakukan agar cairan ayam kembali meresap dan daging ayam menjadi lembut.

Sajian ayam panggang Anda akan semakin nikmat dengan pemberian bumbu-bumbu yang tepat. Anda juga dapat mengkreasikan sajian ayam panggang dengan tambahan dressing sauce

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section