1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Asyiknya Kerja Sampingan di Starbucks, Begini Syaratnya

Umumnya para pekerja lepas sebagai seorang barista di Starbucks adalah mahasiswa atau mereka yang baru saja lulus kuliah.

By Azalia Amadea 18 Mei 2016 13:36
Ilustrasi pekerjaan barista Starbucks (Foto: cnn.com)

Money.id - Siapa yang tak tahu Starbucks? Kedia kopi asal Amerika Serikat ini begitu populer dan banyak diminati oleh berbagai kalangan. Starbucks mampu menciptakan 87.000 kombinasi minuman berbahan dasar kopi.

Popularitas Starbucks membuat banyak orang tertarik untuk menjadi bagian dari keluarga penyeduh kopi nomor satu di dunia tersebut. Banyak juga yang mendaftarkan diri mereka sebagai pekerja lepas di kedai kopi ini.

Umumnya para pekerja lepas sebagai seorang barista di Starbucks adalah mahasiswa atau mereka yang baru saja lulus kuliah. Dilansir dalam laman starbucks.co.id Rabu 18 Mei 2016, karier sebagai seorang barista Starbucks didapatkan melalui dua golongan jenis pekerjaan yaitu barista paruh waktu (part time) dan purna waktu (full time).

Sebagai barista Starbucks, nantinya Anda bertanggung jawab menyiapkan minuman sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan. Selanjutnya, Anda juga dituntut untuk mampu berinteraksi dan memberikan pelayanan terbaik atau yang disebut 'Starbucks Experience' bagi para pelanggan.

Gaji yang nantinya akan didapat sekitar Rp3,2 juta per bulan untuk mereka yang bekerja sebagai barista purna waktu. Sedangkan, bagi mereka yang bekerja sebagai barista paruh waktu akan mendapat upah sekitar Rp1,5 juta per bulan untuk sekali periode selama enam bulan.

Menurut Aulia Wardini, seorang barista Starbucks cabang Kinokuniya Plaza Senayan, pekerjaan sebagai peracik kopi ini membuatnya nyaman.

"Starbucks ini bikin nyaman sih. Tadinya saya yang tidak punya NPWP, asuransi, dan lainnya sekarang saya jadi punya semenjak bekerja. Pekerjaan ini juga menjanjikan kok, bisa cepat naik gaji kalau pintar dan mudah belajar," ujar wanita 22 tahun tersebut kepada Money.id di Jakarta, Rabu 18 Mei 2016.

Sebelum menjadi barista di Starbucks, Aulia yang sudah bekerja sejak September 2015 lalu, harus mengikuti program training selama dua hari di kantor pusat. Selanjutnya ia mengikuti training selama 20 hari di store Starbucks tempatnya bekerja saat ini.

Lalu, bagaimana syaratnya?

Jika Anda berminat melamar menjadi barista di Starbucks, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Barista Purna Waktu (Full Time Work)
1. Fresh graduate, dari jurusan pariwisata dan perhotelan atau ilmu-ilmu sosial lainnya.
2. Memiliki pengalaman bekerja di perhotelan, atau bagian makanan dan minuman.
3. Memiliki kepribadian dan keterampilan dalam melayani pelanggan.
4. Bersedia bekerja dalam shift, pada akhir pekan dan atau hari libur.

Barista Paruh Waktu (Part Time Work)
1. Mahasiswa tahun kedua (minimal), boleh dari jurusan perhotelan dan pariwisata.
2. Bersedia bekerja di akhir pekan dan atau hari libur.

Anda dapat melamar pekerjaan ini melalui website resmi Starbucks, untuk informasi lebih lanjut silahkan klik di www.starbucks.co.id. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section