1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Dia 5 Fakta Mencengangkan dari Brokoli

Brokoli memiliki banyak manfaat dan menjadi makanan favorit para selebriti Hollywood.

By Dian Rosalina 2 April 2016 14:41
Brokoli (bisnisukm.com)

Money.id - Bagi sebagian masyarakat Indonesia, brokoli atau di Barat disebut kale mungkin masih asing. Sebab, dalam sejarah kuliner Nusantara, jarang ada masakan yang menyertakan brokoli di dalamnya.

Padahal brokoli ini merupakan jenis sayuran dengan kandungan nutrisi serta manfaat ‘ajaib’. Bahkan deretan artis Hollywood papan atas seperti Beyonce, Kevin Bacon dan Jennifer Aniston sangat mengagumi sayuran hijau ini.

Dilansir dari India Today, Sabtu 2 April 2016, sebagai makanan, brokoli biasanya diolah dengan cara direbus, dikukus, digoreng atau dapat pula dimakan mentah. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunganya.

Brokoli paling mirip dengan kembang kol. Namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli adalah bunga dari sayuran tanaman sejenis kubis-kubisan.

Warga barat laut Jerman bahkan merayakan festival brokoli setiap tahunnya. Peserta yang bisa memakan sayuran super kaya manfaat ini dalam jumlah besar akan dinobatkan sebagai Raja Brokoli.

Dari semua deretan manfaat brokoli, berikut ini fakta-fakta menarik tentang sayuran hijau ini yang mungkin belum Anda ketahui.

Kaya Vitamin C

Menurut Huffington Post, satu cangkir brokoli cincang menyumbang 134 persen asupan harian Vitamin C. Sementara setengah buah jeruk hanya mampu memberi 113 persen asupan harian Vitamin C.

Kaya Vitamin A

Brokoli ternyata mampu memenuhi 133 persen kebutuhan vitamin harian seseorang - lebih banyak dari sayuran berdaun hijau lainnya, menurut buku tentang brokoli berjudul Fifty Shades of Kale.

Kaya Kalsium

Anda akan terkejut mengetahui bahwa brokoli mengandung 150 miligram kalsium per 100 gram, sedangkan susu hanya setengahnya.

Mengandung Zat Besi Lebih Banyak dari Daging Sapi

Ternyata Brokoli lebih banyak mengandung zat besi daripada daging sapi. Tidak ada yang menyangka bahwa Brokoli mungkin bisa menjadi pengganti daging sapi, karena mengandung 1,5 miligram zat besi setiap 100 gramnya.

Mengandung asam lemak Omega-3

Satu porsi brokoli juga mengandung 121 mg asam lemak Omega-3 dan 92,4 mg asam lemak Omega-6. Asam lemak membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Bagi vegetarian, brokoli merupakan alternatif terbaik untuk ikan yang memenuhi konsumsi asam lemak omega.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section