1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Tepat Memasak Cumi Agar Empuk dan Nikmat

Ada cara mudah dan tepat mengolah cumi agar menjadi masakan yang nikmat disantap dan empuk. Ini rahasianya.

By Azalia Amadea 19 Juli 2016 13:04
Cumi goreng tepung (playbuz.com)

Money.id - Cumi menjadi salah satu makanan laut yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Namun jika salah mengolah cumi dapat menjadi 'alot' atau keras dan membuat sajian cumi tidak nikmat.

Jangan khawatir, ada cara mudah dan tepat dalam pengolahannya. Melansir laman royco.co.id Selasa 19 Juli 2016, berikut cara tepat mengolah cumi agar empuk dan tentunya menjadi masakan yang nikmat disajikan di rumah. 

(Sajian Cumi © 2016 money.id/funnymalaysia.net)

Ketika memasak cumi, prinsip pertama yang harus diperhatikan adalah waktu pemasakan. Sebaiknya cumi dimasak dalam waktu sangat cepat atau sangat lama. Hal ini dilakukan karena protein yang terkandung dalam cumi mudah memadat saat dimasak, sehingga membuat cumi menjadi keras.

Jadi ketika Anda ingin memasak cumi dalam waktu lama, masaklah cumi hingga benar-benar empuk kurang lebih 20-30 menit. Namun jika Anda ingin memasak cumi dalam waktu cepat, cukup masak cumi selama tiga menit saja. Cara ini dapat membuat sajian cumi menjadi empuk dan nikmat dimakan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memasukan cumi ke dalam air dingin setelah direbus. Cara ini berlaku untuk bahan cumi yang akan dimasukan ke dalam sajian sup berkuah.

Dalam sajian sup berkuah, sebaiknya cumi direbus terpisah dan setelah ditiriskan jangan lupa memasukan cumi ke dalam air dingin selama sekitar satu menit saja. Setelah direndam barulah mencampur cumi dalam sajian sup yang sudah matang. (els)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section