1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Food Truck "Warung Berjalan" yang Mulai Dilirik Pengusaha Kuliner

Kai Pasifica warung makan berjalan yang menyajikan masakan dengan ciri khas dari berbagai negara.

By Azalia Amadea 8 Januari 2016 11:23
Kai Pasifica (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Food truck merupakan tren terbaru dalam berbisnis kuliner. Food truck sendiri jika diibaratkan layaknya warung makan atau warung minuman berjalan, yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Di Amerika usaha Food Truck sudah ada sejak lama, dan sudah banyak jenis makanan yang dijual. Jenis kuliner yang sangat identik dengan Food Truck adalah makanan Meksiko seperti Burrito, Taco atau Nachos, atau sekedar menjual es krim dan donat.

Di Indonesia fenomena berbisnis Food Truck baru kurang lebih setahun belakangan ini banyak dilirik pengusaha kuliner. Salah satunya Food Truck "Kai Pasifica," usaha ini dibangun dengan modal Rp154 juta pada Oktober 2013.

Awalokitesywara Sugondo, pemilik Kai Pasifica ini menghadirkan konsep makanan Food Truck yang berbeda. "Kai" dalam bahasa Hawai berarti "Makanan," sedangkan "Pasifica" memiliki arti lautan.

"Kai Pasifica itu memiliki arti makanan yang disebrangi oleh lautan. Maksudnya makanan yang kami sajikan campuran dari masakan Indonesia, Jepang, Korea dan Meksiko" kata Deny supervisor Kai Pasifica yang Money.id temui di Jakarta, Jumat 8 Januari 2016.

Menu makanan Kai Pasifica/Azalia Amadea Money.id

Makanan yang disajikan seperti Burrito, Taco, dan makanan penutup seperti Sweet Nutella Quasailla, dengan kisaran harga Rp35 ribu-Rp45 ribu.

"Menu andalan kami adalah Bulgogi Kimchi Burrito yaitu sajian nasi putih, daging masak saus bulgogi, irisan bawang bombay, dan rumput laut yang digulung menjadi satu layaknya kebab dengan harga Rp35 ribu" kata Angga, chef Kai Pasifica.

Bulgogi Kimchi Burrito/Azalia Amdea Money.id

Pendapatan Kai Pasifica untuk hari biasa hanya sekitar Rp350 ribu untuk sistem berjualan reguler. Sedangkan, jika mereka ikut serta dalam acara festival kuliner pedapatan yang diraih sampai Rp3 juta per hari.

Namun pendapatan lebih didapat pada saat hari libur atau hari libur khusus seperti hari raya atau tahun baru, pendapatan mereka hingga Rp4 juta per hari.

Kelemahan memiliki usaha Food Truck adalah ketika musim hujan tiba, mereka harus mendapatkan tempat parkir yang teduh dan tentunya bebas banjir.

Kai Pasifica buka dari pukul 10:00-22:00, yang setiap harinya akan berjualan berpindah-pindah tempat sehingga bagi Anda yang ingin mencicipinya harus sering memantau media sosial "Kaipasifica."


Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section