1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Cool! Es Krim Ini Tak Gampang Meleleh

Temuan ini tentu bakal disambut gembira oleh produsen dan pedagang es krim karena akan menghemat biaya

By Ita Malau 22 September 2015 17:27
Ilustrasi es krim (Pixabay/Foundry)

Money.id - Di musim panas memang paling nikmat makan es krim. Sensasi dingin dan rasa yang segar serta enak akan segera mengusir panas dari tubuh Anda.

Sayangnya, es krim cepat meleleh. Alhasil, kita harus buru-buru dalam menikmati panganan satu ini.

Tapi, Anda penggila es krim kini bisa lebih lega karena masalah ini segera teratasi. Sejumlah ilmuwan sudah menemukan cara memperlambat proses mencairnya es krim tersebut.

Sekelompok ilmuwan dari Universitas of Edinburgh dan Dundee menemukan sejenis protein alami, dinamai BsIA, yang mampu memperlambat proses pencairan es krim loh.

Demam Es Krim Korea Mewabah di Tanah Air

Protein ini mengikat udara, lemak, dan air pada es krim sehingga menciptakan konsistensi super halus, demikian dikutip dari laman Dailymail, 1 September 2015. Protein ini juga mampu mempertahankan komposisi es krim di udara yang panas sekalipun.

Cara kerjanya, protein ini menempel pada tetesan lemak dan gelembung udara dan membuat campuran mereka lebih stabil. Para peneliti ini memperkirakan, es krim dengan kandungan BslA ini dilepas ke pasar bebas dalam tiga hingga lima tahun mendatang.

Temuan ini tentu akan disambut gembira para pembuat es krim, demikian juga para pecinta es krim. Betapa tidak, protein ini akan menghemat biaya penyimpanan es krim di berbagai toko di seluruh dunia. Es krim juga tidak perlu lagi disimpan dalam pendingin super saat didistribusikan ke toko-toko.

"Kami senang sekali dengan potensi bahan baru ini karena meningkatkan kualitas es krim, baik untuk konsumen maupun manufaktur," kata professor Cait MacPhee dari University of Edinburgh, yang memimpin penelitian ini.

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section