1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Catat, Tips Mengolah Tahu Agar Tidak Mudah Hancur

Hanya saja karena tekstur tahu yang begitu lembut membuatnya mudah hancur.

By Azalia Amadea 15 September 2016 07:51
Tahu putih (seriouseats.com)

Money.id - Tahu adalah makanan murah meriah yang nikmat dijadikan masakan apapun. Misalnya saja tahu goreng, sup tahu, mun tahu, tahu saus telur asin dan aneka masakan tahu lainnya. Selain itu, tahu juga mudah diolah.

Hanya saja karena tekstur tahu yang begitu lembut membuatnya mudah hancur. Jangan khawatir, mengutip buku "Mudah Memasak Kuliner Nusantara" terbitan Bango, berikut tips mengolah tahu agar tidak mudah hancur. 

Tahu putih
© 2016 money.id/fodmapmonash.com

1. Ketika memotong tahu sebaiknya pastikan pisau benar-benar tajam. Saat memotongnya pun harus langsung jangan memotong dalam keadaan tersendat-sendat agar tahu tidak hancur.

2. Jika tahu sudah terlanjur hancur jangan buang tahu. Tahu tersebut masih dapat dimanfaatkan dengan dibuat perkedel tahu. Caranya cukup bumbui tahu yang sudah hancur dengan garam, merica, potongan daun bawang dan telur satu butir. Aduh rata adonan lalu goreng tahu membentuk perkedel.

3. Untuk tahu yang sudah dipotong sebaiknya segera digoreng. Menggoreng tahu harus dalam minyak panas agar warna merata dan tidak keras setelah dingin.

4. Lama menggoreng tahu juga harus disesuaikan dengan ukuran potongan tahu. Semakin kecil potongan tahu maka semakin singkat waktu menggorengnya. Sebaliknya, semakin besar potongan tahu makan semakin lama menggorengnya.

5. Menggoreng tahu sebaiknya sambil diaduk agar tingkat kematangan dan warna tahunya merata.

6. Jika Anda ingin mengolah tahu dengan cara dikukus sebaiknya pilih jenis tahu yang tidak terlalu lembut. Selanjutnya potong tahu sesuai selera. Tahu kukus dapat divariasikan dengan isian adonan ikan atau ayam cincang. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section