1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Banh Mi, Sandwich Khas Vietnam yang Mendunia

Banh mi merupakan 'street food' paling enak di Vietnam, khususnya area sekitar Hanoi.

By Rizki Astuti 26 Maret 2016 09:00
Banh Mi Sandwich (Foodimg.com)

Money.id - Jika Anda berwisata ke Vietnam, jangan lupa untuk mencicipi panganan roti bernama banh mi. Penampilan banh mi ini memang terlihat tidak menggugah selera. Namun banh mi adalah makanan yang sangat terkenal dan yang paling enak di Vietnam. Bahkan konon di dunia.

Banh mi merupakan roti yang sangat unik. Meski dari luar terlihat seperti roti baguette, tetapi banh mi memiliki perbedaan dalam rasa dan isinya.

Dalam bahasa Vietnam banh mi berarti roti. Tetapi baguette ala Vietnam ini juga bisa mengacu pada roti sandwich yang diisi dengan daging dan sayuran yang dicampur saus. Kabarnya, banh mi merupakan 'street food' paling enak di Vietnam, khususnya area sekitar Hanoi.

Dilansir dalam laman BBC Jumat 25 Maret 2016, banh mi adalah hasil perpaduan budaya dan kuliner yang sesungguhnya.

Banh mi berasal dari zaman kolonial di mana Perancis mulai membentuk negara Indochina Perancis pada tahun 1887. Sejak itu rakyat Vietnam sering melihat orang-orang Perancis mengoleskan mentega dan pate dalam baguette.

Kemudian ketika Vietnam berhasil mengusir Perancis pada tahun 1954, mereka menciptakan baguette selera lokal dengan menambahkan irisan daging, saus dan sayuran. Sejak itulah banh mi tercipta seperti yang dikenal sekarang.

Banh Mi Sandwich (www.cbc.ca)

Namun sebagian besar penduduk dunia belum mengenal roti spektakuler ini sampai akhir Perang Vietnam pada tahun 1975.

Ketika perang berakhir, banyak warga Vietnam Selatan beremigrasi ke Amerika Serikat, Eropa dan Australia dengan membawa resep makanan lokal, termasuk sandwich ikonik mereka itu.

Akibatnya, jika makan banh mi di luar Vietnam, Anda mungkin mendapati banh mi bergaya Vietnam Selatan. Dengan ciri baguette umumnya lebih besar dengan isi sayuran dan rempah-rempah, daun ketumbar, wortel dan cabai yang lebih banyak.

Tetapi banh mi di Ho Chi Minh City agak sedikit berbeda. Di kota ini rotinya kurang enak dan isinya sangat minim, karena hanya ada beberapa iris ham, pate, daun ketumbar dan wortel.

Jika Anda pergi ke Vietnam, jangan lupa sempatkan berkunjung ke Banh Mi Pho Hue yang terletak di 118 Pho Hue, karena mereka menjual roti khas Vietnam ini di Hanoi.

Banyak warga lokal yang mengatakan banh mi produksi toko tersebut paling enak di Vietnam. Toko roti ini adalah usaha keluarga yang telah berjalan turun-temurun sejak 1974.

Toko roti lainnya yang juga terkenal di Hanoi adalah Banh Mi Phuong yang terletak di Phan Chau Trinh 2B. Di sini, banh mi-nya sangat lengkap isinya, ada daging, ham, pate, irisan panjang mentimun, daun ketumbar, acar wortel, hingga irisan tomat. (poy)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section