1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Waspada! 5 Biaya Seputar Kartu Kredit yang Sering Terlupakan

Anda bukan sedang ditipu oleh bank dengan memakai kartu kredit. Tapi ada beberapa hal yang Anda tidak ketahui.

By Dwifantya Aquina 29 Maret 2016 08:28
Ilustrasi kartu kredit (Pixabay)

Money.id - Apakah Anda memiliki kartu kredit? Kartu kredit merupakan alat bantu transaksi yang mempermudah pembayaran. Namun, kalau tidak hati-hati, maka jangan kaget kalau biaya yang Anda keluarkan selama memakai kartu kredit ternyata membengkak!

Anda bukan sedang ditipu oleh bank dengan memakai kartu kredit. Jika Anda membaca aturan penggunaan kartu kredit dengan cermat, maka Anda bisa mengetahui biaya-biaya apa saja yang terkait dengan kartu kredit sehingga tidak akan was-was saat menggunakannya.

Berikut 5 biaya terkait kartu kredit yang penting Anda ketahui:

1. Biaya denda atas keterlambatan pembayaran tagihan

Ini sering terjadi kalau Anda tidak ingat dengan pasti tanggal jatuh tempo bulanan tagihan kartu kredit Anda, atau Anda punya kebiasaan membayar tepat di tanggal jatuh tempo. Setiap bank memiliki ketentuan untuk pembayaran pada tanggal jatuh tempo.

Sebagai contoh, bank tertentu mungkin menetapkan batas jam 3 sore di tanggal jatuh tempo agar pelunasan Anda dianggap tidak telat. Selain itu, Anda juga perlu memperkirakan waktu kliring kalau membayar tagihan dari bank lain.

Baca juga: Sebelum Terlambat, Yuk Balas Budi Orang Tua Kita dengan Bantu Manajemen Keuangannya!

2. Biaya tahunan kartu kredit yang aktif

Karena hanya ditagihkan satu tahun sekali, banyak pengguna kartu kredit yang sering tidak sadar dan kaget ketika melihat jumlah tagihannya melonjak. Biaya tahunan dikenakan selama kartu kredit yang kamu pegang memiliki status aktif.

Kalau Anda sudah lama menggunakan kartu kredit, Anda bisa coba bernegosiasi dengan pihak bank untuk memunahkan biaya tahunan kartu kreditmu. Beberapa bank juga memiliki opsi untuk memusnahkan biaya tahunan dengan poin reward atau kalau jumlah pemakaian kartu kredit Anda mencapai nilai tertentu.

3. Biaya penggunaan kartu kredit saat transaksi di toko

Ketika menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di toko, jangan lupa untuk menanyakan apakah mereka mengenakan biaya penggunaan kartu kredit. Beberapa toko menerapkan kebijakan untuk mengenakan biaya penggunaan kartu kredit kepada konsumen, dan terkadang pembeli tidak sadar kalau nilai yang digesek dengan kartu akan lebih besar dari nilai barang yang Anda beli. Biaya ini biasanya berkisar di antara 1% hingga 3% dari nilai barang.

4. Biaya tarik uang tunai

Menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi tarik tunai sebenarnya kurang bijak. Bank biasanya menetapkan biaya sekitar 2% hingga 6% sesuai nominal uang yang Anda tarik, dan bunga ini dihitung secara harian. Kalau Anda membutuhkan uang tunai untuk suatu keperluan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengajukan KTA daripada menarik uang tunai menggunakan kartu kredit.

Baca juga: Jangan Pakai Uang Tunai Untuk Beli Jam Tangan Mewah! Simak Tips Hematnya!

5. Biaya bunga akibat pembayaran minimum

Dari semua biaya, yang paling tidak disadari oleh pengguna kartu kredit adalah biaya bunga yang timbul karena tidak melunasi penuh tagihan kartu kredit sebelumnya. Kalau Anda sering mendengar saran untuk melunasi penuh tagihan kartu kredit, itu karena Anda dapat menghindari biaya bunga ini.

Contoh sederhananya sebagai berikut. Anda melakukan transaksi tanggal 1 April sebesar Rp1 juta, kemudian tanggal jatuh tempo tagihan Anda adalah setiap tanggal 9. Jika di tanggal 9 April kamu hanya melunasi pembayaran minimum sebesar 10% atau Rp100 ribu, maka Anda masih memiliki Rp900 ribu yang belum dilunasi.

Biaya bunga kartu kredit maksimal yang ditetapkan oleh Bank Indonesia adalah 2,95% per bulan. Kalau Anda tidak melunasi tagihan ini segera, maka pada saat jatuh tempo berikutnya (tanggal 9 Mei), kamu harus membayar bunga sebesar Rp36 ribu. Bunga ini dihitung dari tanggal 1 April 2015 hingga tanggal 9 Mei dengan mengeluarkan bunga atas Rp100 ribu yang sudah dilunasi.

Bisa dibayangkan kalau Anda selalu melunasi dengan pembayaran minimum, jumlah tagihan yang Anda bayar bisa bengkak hingga jutaan?

Baca juga: 4 Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Terbukti Efektif!

Kartu kredit merupakan alat bantu transaksi yang juga dapat digunakan untuk berhemat. Oleh karena itu, pastikan agar Anda memilih kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan dan pelajari berbagai biaya terkait kartu kredit seperti di atas ya.

Jika Anda sedang mencari kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu, gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah Anda.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section