1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Wajib Tahu, Strategi Agar Belanja Lebaran Lebih Murah

Seringkali pengeluaran untuk belanja lebaran membengkak dari tahun ke tahun. Penyebabnya adalah...

By Dwifantya Aquina 23 Juni 2016 14:35
Ilustrasi belanja (theamericangenius.com)

Money.id - Perayaan Lebaran identik dengan belanja. Namun, bagaimana sebenarnya cara pengeluaran belanja Lebaran bisa lebih hemat?

Sayangnya, seringkali pengeluaran untuk belanja lebaran membengkak dari tahun ke tahun. Penyebabnya adalah harga barang yang terus naik. Tapi jangan khawatir, berikut ini 5 tips yang bisa membuat belanja Lebaran jadi lebih murah:

Coba berburu diskon

Strategi pertama yang harus dilakukan kalau ingin belanja keperluan Lebaran murah adalah berburu diskon. Biasanya, pusat perbelanjaan bakal menawarkan diskon besar-besaran menjelang Lebaran. Begitupun toko online, diskon yang diberikan bahkan tidak tanggung-tanggung mencapai 90%. Maka dari itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk berburu diskon.

Tidak ada salahnya mencari perbandingan harga antara tempat belanja yang satu dan lainnya. Membandingkan diskon dan harga di toko online juga bisa dilakukan. Cukup luangkan waktu lebih lama di depan notebook atau komputer kesayangan, pengeluaran belanja lebaran bisa jadi lebih irit. (Baca juga:Cukup Lakukan Hal Ini, Ongkos Naik Pesawat Bisa Makin Irit)

Manfaatkan kartu member

Bagi Anda yang memiliki kartu anggota sebuah pusat perbelanjaan, sekarang merupakan waktu yang tepat bagimu untuk memanfaatkannya. Biasanya, kartu member belanja bakal memberikan keuntungan tersendiri.

Banyak sekali keuntungan yang ditawarkan seperti diskon khusus, diskon tambahan, doorprize dan promo lainnya. Sudah pasti, dengan kartu member tersebut Anda bisa lebih irit berbelanja. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat kartu member belanja.

Beli dalam jumlah banyak

Tip lainnya yang bisa bikin irit uang belanja Lebaran adalah membeli dalam jumlah banyak. Misalnya Anda ingin membeli baju muslim untuk keluarga, sebaiknya beli di satu toko sekaligus.

Kenapa demikian? Karena biasanya ada penawaran dan potongan harga yang cukup menarik. Sehingga, harga yang didapatkan bisa lebih murah dibanding membelinya satu per satu di tempat terpisah.

Utamakan keperluan

Hal penting yang mesti diingat saat belanja lebaran yaitu mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Memang biasanya keinginan untuk beli barang ini itu memuncak jelang Lebaran. Penyebabnya karena uang THR yang baru turun dan momen yang hanya bisa dirasakan satu tahun sekali menjadikan Lebaran terasa sangat spesial dan perlu ada perlakuan khusus.

Namun, Anda juga perlu menyadari budget yang dimiliki. Utamakanlah keperluan, jangan hanya karena menuruti keinginan setelah lebaran nanti Anda mengalami kebangkrutan. (Baca juga: 5 Cara yang Biasa Dilakukan Orang INdonesia Untuk Mendapatkan Uang Tambahan Lebaran)

Pakai kartu kredit

Terakhir, Anda bisa menghemat anggaran belanja dengan menggunakan kartu kredit. Manfaatkan promo serta tawaran yang ada pada kartu kredit milikmu, di sinilah fungsi dan manfaat kartu kredit benar-benar terasa. Pengeluaran belanja lebaran dapat ditekan dengan menggunakan kartu kredit secara bijak.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section