1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Usai Liburan, Benahi Keuangan Anda dengan 4 Strategi Berikut

Walaupun liburan adalah kegiatan yang bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda, tapi soal keuangan tidak demikian.

By Dian Rosa 12 September 2016 16:15
Ilustrasi Membenahi Uang (dailyfinance)

Money.id - Usai liburan panjang, pastinya Anda harus mengatur kembali keuangan. Walaupun liburan adalah kegiatan yang bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran, tapi soal keuangan tidak demikian.

Untuk Anda yang berada di kondisi keuangan yang 'habis-habisan' demi liburan, simak beberapa strategi berikut untuk membenahinya yang dikutip dari Halomoney, Senin 12 September 2016.

Perkiraan Pengeluaran

Perkiraan pengeluaran bisa membantu Anda untuk menentukan apakah sisa uang yang Anda miliki sudah cukup atau tidak untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi. Jangan sampai karena tidak memperkirakan jumlah pengeluarannya, Anda terpaksa harus menggunakan uang tabungan, bahkan terpaksa berhutang dengan orang lain demi memenuhi kebutuhan Anda.

Cek Tabungan dan Investasi

Tabungan dan investasi berguna untuk menutupi kesulitan keuangan kalau rekening bank untuk transaksi harian Anda sudah tipis. Periksa dan daftarkan berapa nilai seluruh tabungan dan investasi yang Anda miliki.

Sediakan Dana

Kalau Anda sudah memeriksa kondisi keuangan seluruhnya, periksa lagi apakah dana yang Anda miliki sampai saat ini cukup atau tidak untuk memenuhi pengeluaran Anda ke depannya. Misalnya rekening harian Anda tinggal tersisa Rp1,5 juta, dan pengeluaran hingga gajian berikutnya diperkirakan Rp1,4 juta, berarti kondisi Anda masih aman.

Atasi Kekurangan Dana

Bagaimana jika Anda memang kekurangan dana? Nah, pertama Anda harus bisa kembali mengecek tabungan dan investasi. Jika Anda punya dana darurat, Anda bisa mengambilknya dari sana. Jika tidak tetap tahan dulu tabungan Anda. Periksa pengeluaran yang bisa dipotong atau di hemat.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section