1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Untung dan Rugi Memiliki Pekerjaan Sampingan

Memegang dua pekerjaan sekaligus bukanlah hal yang mudah.

By Adhi 20 Mei 2016 06:36
Ilustrasi (fortune.com)

Money.id - Money.id - Ketika muncul tawaran pekerjaan sampingan, mungkin yang ada di pikiran Anda adalah satu pekerjaan saja sudah cukup merepotkan, masa ditambah lagi?

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa terlepas dari tambahan penghasilan yang bisa didapatkan, ada juga keuntungan lain yang dapat Anda raup dari memiliki pekerjaan sampingan.

Namun, di sisi lain memegang dua pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orang bisa menjalaninya.

Pertimbangannya memang tidak sedikit, berikut untung ruginya memiliki dua kerjaan sekaligus menurut yang dikutp dari laman Qerja.com:

Keuntungan

1. Memperlebar jaringan

Pekerjaan tambahan memungkinkan Anda bertemu dan menjalin hubungan dengan orang-orang di luar lingkungan sosial dan profesional Anda. Jaringan ini dapat membuka peluang karier di masa depan.

2. Kesempatan mengasah dan menambah keahlian

Pekerjaan kedua yang tepat bisa memberikan Anda keahlian baru yang mungkin sulit Anda dapatkan di pekerjaan Anda saat ini. Alih-alih mengambil kursus, bukankah lebih baik lagi jika Anda bisa langsung terjun dan mempraktekkannya?

Selengkapnya bisa Anda cek di tautan berikut ini.

Kekurangan

1. Tidak punya waktu santai

Sepulang kerja atau di akhir pekan, kemungkinan besar Anda tidak bisa lagi bersantai atau menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga karena masih ada pekerjaan sampingan. Selain keletihan fisik, Anda juga berisiko mengorbankan hubungan baik dengan orang terdekat

2. Kemungkinan ada biaya tambahan

Salah satu alasan utama mengambil pekerjaan tambahan umumnya adalah kesempatan memperoleh penghasilan ekstra. Namun bagaimana jika biaya yang harus Anda keluarkan malah membengkak? Hitung dulu macam-macam pengeluaran jika Anda punya dua pekerjaan, dari biaya commuting hingga beban pajak, dan tentukan apakah gaji ekstra Anda cukup worth it.

Selengkapnya bisa Anda cek di tautan berikut ini.

Baca Juga

(aa/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section