1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Hindari Masalah Keuangan Dalam Keluarga dengan Cara Ini

Ada trik khusus untuk menyelesaikan permasalahan keuangan di dalam keluarga yang acap kali membuat kita gundah gulana

By Abdul Kharis 3 Maret 2016 17:04
Ilustrasi keluarga (playbuzz.com)

Money.id - Masalah keuangan seringkali mendera keluarga, terutama pasangan muda. Sebab, seperti semua orang ketahui bahwa terkait uang merupakan urusan yang sensitif.(baca: Ini Dia Lima Sumber Penyakit Keuangan dalam Keluarga).

Namun, ada cara khusus untuk menghindari permasalahan keuangan di dalam keluarga yang acap kali membuat orang gundah gulana.

Perencana Keuangan dari MRE Financial & Business Advisory, Andy Nugroho menuturkan tips meminimalisir masalah keuangan dalam keluarga kepada www.money.id, Kamis, 3 Maret 2016.

"Trik pertama yang merupakan paling penting adalah suami dan istri harus saling terbuka dan coba saling memahami tentang keuangan masing-masing, jangan mengedepankan ego," ucap Andy.

Selanjutnya, atur dengan baik dari mana sumber penghasilan keluarga. Bicarakan bersama dari mana sumber penghasilan dan kebutuhan-kebutuhan yang ada.

Misalnya, suami dan istri bekerja, maka aturlah untuk kebutuhan sehari-hari berasal dari penghasilan suami, sementara untuk menabung dari penghasilan istri.

Berikutnya, keluarga harus saling terbuka dan percaya. Masing-masing pihak harus terbuka apa saja yang menjadi beban dan tanggung jawabnya.

Sehingga tidak menimbulkan kecurigaan pada pasangannya dan supaya tersirat dengan jelas ke mana saja penghasilan keluarga tersalurkan.

Tips terakhir, mengontrol keuangan dengan rapi. Tentukan siapa yang akan menjadi manajer keuangan di rumah untuk mengontrol keuangan keluarga.

"Manajer keuangan bisa dilakukan oleh istri ataupun suami, yang penting adalah orang tersebut benar-benar bisa mengatur keuangan dengan efektif dan efisien," ujarnya. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section