1. HOME
  2. FINANCE
BANK

Tips Memilih Bank dalam Melakukan Transaksi Perbankan

Banyak yang masih mendengarkan saran orang lain dalam memilih bank, tanpa mempelajarinya bank itu terlebih dahulu

By Abdul Kharis 29 Februari 2016 12:00
ilustrasi transaksi perbankan (the-isc.com)

Money.id - Publik masih suka bingung dalam memilih bank yang akan digunakan untuk transaksi. Banyak yang masih mendengarkan saran orang lain dalam memilih bank, tanpa mempelajarinya bank itu terlebih dahulu.

Perencana keuangan, Andy Nugroho menuturkan tips dan solusi dalam memilih bank. Menurutnya, seseorang harus menentukan terlebih dahulu tujuan dari menyimpan uang di bank. 

"Sebelum kita memilih, kita harus menentukan tujuan dari pemilihan bank itu sendiri. Apakah sebagai tempat menaruh dana atau menabung, tempat mengajukan kredit, ataukah ada tujuan lainnya?" kata Andy kepada money.id, Senin 29 Februari 2016.

Bila sebagai tempat kita menaruh dana, seperti menabung atau membuka deposito, lanjut Andy, simpanlah uang anda di bank yang memberikan bunga ataupun bagi hasil paling besar dan biaya administrasinya paling kecil.

Sedangkan bila tujuannya sebagai tempat mengajukan kredit, pilihlah bank yang mengenakan bunga paling rendah dengan skema yang paling memudahkan dalam pencairan dananya.

Akan tetapi, ada pula orang yang menjadi nasabah loyal, hanya transaksi perbankan dengan satu bank, karena dianggapnya memberinya kemudahan dalam bertransaksi walaupun mungkin bunga serta fasilitasnya sebenarnya biasa-biasa saja.

Menurut Andy, acuan yang dipakai untuk menentukan kita dalam memilih sebuah bank adalah lebih pada tujuan dan kemudahan yang akan kita dapatkan dari bank tersebut.

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section