1. HOME
    2. FINANCE
FINANCE

Ternyata Pada Bidang Ini Wanita Digaji Lebih Tinggi Dibanding Pria

Analisis ini dilakukan dengan melibatkan sekitar 60 ribu responden yang tersebar di 35 provinsi di Indonesia.

By Rohimat Nurbaya 1 April 2016 07:31
Ilustrasi pekerja (Pixabay)

Money.id - Ada beberapa faktor yang menentukan besar dan kecilnya gaji seorang karyawan. Selain dinilai dari kemampuan dan tinggat pendidikan, ternyata saat ini faktor gender juga berpengaruh pada gaji.

Berdasarkan data Jobplanet.com, platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, saat ini ada beberapa bidang pekerjaan yang menggaji wanita lebih tinggi dari pria.

Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius mengatakan, gaji rata-rata staf wanita bekerja di bidang teknik lebih tinggi 10,1 persen daripada gaji rata-rata staf pria di bidang sama.

Sedangkan, gaji rata-rata staf wanita di bidang hukum lebih tinggi 10,2 persen. Lalu gaji rata-rata staf wanita di bidang research and development (R&D) atau dalam bahasa Indonesia riset dan pengembangan lebih tinggi 10,1 persen dibanding gaji rata-rata staf pria.

Sementara itu, di level manajer, gaji rata-rata manajer wanita yang bekerja di bidang pengembangan bisnis lebih tinggi 7,6 persen ketimbang gaji rata-rata manajer pria. Lalu, gaji rata-rata manajer wanita di bidang teknik lebih tinggi 13,2 persen.

Sedangkan, gaji rata-rata manajer wanita di bidang keuangan dan akuntansi lebih tinggi 10,0 persen, dan gaji rata-rata manajer wanita di bidang riset dan pengembangan lebih tinggi 14,1 persen daripada gaji rata-rata manajer pria pada setiap bidang tersebut.

"Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena berdasarkan data yang kami peroleh dan analisis, ternyata beberapa bidang pekerjaan," ujar Kemas. 

Menurutnya, terutama bidang teknik yang dikenal sebagai bidang yang didominasi oleh pria, justru memberikan gaji rata-rata lebih tinggi kepada karyawan perempuan.

Next>>> Gaji di Indonesia

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section