1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ternyata Ini Alasan Bisnis Anda Sulit Mendapatkan Modal

Namun tidak semua pebisnis lancar mendapatkan suntikan dana yang dibutuhkan, terkadang harus melalui proses yang rumit.

By Dian Rosalina 10 September 2016 09:20
Ilustrasi Modal Bisnis (glamour)

Money.id - Modal adalah syarat penting untuk membesarkan sebuah bisnis apapun bidangnya. Dalam merintis bisnis ada kalanya Anda pernah mengalami masa-masa kekurangan modal.

Beberapa orang mendapatkan modal dari pinjaman bank atau dari para investor. Namun tidak semua pebisnis lancar mendapatkan suntikan dana yang dibutuhkan, terkadang harus melalui proses yang rumit. Bahkan tak jarang dari mereka tak mendapatkan modal yang diinginkan.

Loh kok bisa? Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa Anda tidak mendapatkan modal untuk bisnis Anda. Dikutip dari Cekaja, Sabtu 10 September 2016, berikut ulasannya.

Tak punya pembukuan

Cobalah membuat pembukan dari bisnis Anda jika ingin mendapatkan modal usaha. Bagaimana pihak pemberi modal akan percaya dengan usaha Anda, jika Anda sendiri pun tidak tahu berapa rata-rata keuntungan yang dihasilkan setiap bulannya.

Pembukuan akan memperlihatkan dengan jelas berapa pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis Anda. Dengan begitu Anda akan tahu berapa sebenarnya keuntungan dan prospek bisnis Anda ke depannya.

Malu datang ke bank

Banyak pebisnis hanya mengandalkan modal dari kantong sendiri. Alhasil, bisnisnya sulit berkembang. Untuk mengajukan pinjaman ke bank, mereka kadang merasa malu dan cenderung kurang percaya diri. Para petugas bank sudah terlatih untuk sabar menghadapi nasabah, jadi jangan malu untuk bertanya pada mereka.

Malas ribet

Anda sudah mendatangi bank, namun karena persyaratannya Anda sering merasa malas untuk mengurusnya. Hasilnya, sampai kapanpun modal usaha yang Anda inginkan tak akan datang.

Sebaiknya sediakan waktu untuk mengurus semua yang diperlukan demi mendapatkan modal usaha. Anda sendiri akan menikmati hasilnya saat usaha tumbuh lebih besar.

Tak mau cari tahu fasilitas pinjaman

Bank memiliki banyak jenis pinjaman, jika Anda malas mencari tahu, Anda mungkin akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh modal usaha. Cobalah untuk mencari tahu pinjaman apa saja yang diberikan oleh bank. Semakin banyak tahu, Anda jadi tak ragu untuk ajukan pinjaman.

Lebih percaya rentenir

Tak sedikit pebisnis khususnya yang berada di daerah lebih suka meminjam uang ke rentenir daripada bank. Alasannya, meminjam uang ke rentenir tak serumit ketika mengajukan pinjaman ke bank.

Padahal meminjam ke rentenir berisiko mendapatkan bunga yang sangat tinggi melebihi bank. Yakin masih menggunakan jasa rentenir untuk pinjam uang?

Tak punya rekening bank

Banyak pengusaha yang tak memiliki akses ke bank. Jangankan mengajukan pinjaman ke bank, rekening bank pun tak punya. Padahal bank pasti meminta salinan buku tabungan saat Anda akan mengajukan pinjaman.

Tak punya jaminan

Karena merasa tak punya jaminan, Anda pun jadi merasa ragu untuk mengajukan pinjaman ke bank. Akhirnya Anda kesulitan untuk menambah modal bagi bisnis Anda. Padahal banyak sekali bank yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa agunan. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section